Dukung Peran Orang Tua damping anak belajar di Rumah, Tanoto Foundation dampingi Guru dan Kepala Sekolah Pembelajaran Aktif

Lensamedan- Pendekatan Pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi siswa dalam berkreativitas di tengah situasi pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi guru dan kepala sekolah terutama dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) menggunakan teknologi komunikasi melalui aplikasi telepon genggam dan komputer, serta luar jaringan (luring) dengan pemberian tugas siswa dan menjalin hubungan dengan orang tua mendampingi anak belajar dirumah.

Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Yusri Nasution mengatakan,  dengan kondisi ini maka guru dan kepala sekolah dituntut untuk memiliki pemahaman yang baik dalam pendekatan pembelajaran aktif untuk mendukung peran orang tua mendampingi anak belajar dirumah selama pembelajaran tatap muka disekolah belum dapat dilaksanakan.

“Meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19 yang tentu saja tidak mudah, kami terus berusaha dengan memaksimalkan potensi yang ada dengan meningkatkan kapasitas penyelenggara sekolah menghadapi sistim pembelajaran dari rumah, dengan kerjasama yang sudah ada bersama pemerintah daerah Mitra program seperti Kab.Batu Bara, Kota Pematangsiantar, Kab. Karo dan Kab. Asahan melaksanakan peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah melalui pelatihan dan pendampingan,” ujar  Yusri di Medan, Selasa (19/1/2021).

Khusus di wilayah Kabupaten Batu Bara, kata Yusri, pihaknya  bersama Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan telah berhasil melaksanakan diseminasi modul satu program Pintar dengan melatih seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP se Kabupaten Batu Bara dalam pembelajaran aktif, Buday Baca, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Hal  ini mereka laksanakan selama masa pandemi ini, melalui beberapa gelombang pelatihan tatap muka dengan menerapkan protokol Kesehatan.

“Sedangkan untuk kota Pematangsiantar kita bersama Dinas Pendidikan juga telah melatih seluruh guru SD dan SMP dalam Modul Pembelajaran aktif, Pengelolaan lingkungan belajar, Budaya Baca dan Manajemen berbasis Sekolah (MBS) yang dilaksanakan secara daring, pada tahun lalu,” jelas Yusri.

Tanoto Foundation melalui Program Pintar di Sumut telah ikut serta memperkuat kebijakan Merdeka Belajar dengan Manajemen berbasis sekolah, dan Peningkatan Kualitas Guru, dimana selama masa pandemi telah melatih 324 Sekolah di Kabupaten Batu Bara, dan Kota Pematangsiantar, dengan melibatkan 554 orang Guru dan Kepala Sekolah, jenjang SD dan SMP.

Sedangkan untuk Kota Medan melalui Kerjasama dengan LPTK Mitra UMSU dan UINSU, telah melatih 94 orang Dosen dengan melibatkan 27 Sekolah dampingan serta 95 orang Guru dan Kepala Sekolah jenjang SD dan SMP sepanjang tahun 2020.

“Pada tahun ini Tanoto Foundation melalui Program Pintar akan melanjutkan program pelatihan dan pendampingan pembelajaran berbasis digital, dimana para guru akan difasilitasi dalam penerapan pembelajaran yang memanfaatkan ragam aplikasi untuk pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar dan melakukan penilaian secara daring dan luring, hal ini dirancang mendorong siswa untuk lebih banyak mengalami, berinteraksi, berkomunikasi dan merefleksi yang kita sebut dengan Mikir,” lanjut Yusri.

Yusri memastikan, program melatih dan mendampingi orang tua siswa juga menjadi perhatian Tanoto Foundation dimana orang tua sebagai sahabat belajar anak.

“Sehingga mereka dapat memahami perannya dalam pendampingan pembelajaran di rumah dan mengoptimalkan Kerjasama dengan pihak sekolah dalam memberikan layanan pembelajaran berkualitas bagi anak,” tutup Yusri. (*)


(Medan)

 

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Dukung Peran Orang Tua damping anak belajar di Rumah, Tanoto Foundation dampingi Guru dan Kepala Sekolah Pembelajaran Aktif"

Posting Komentar

Terima Menlu RRT, Presiden Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi dan Situasi Timur Tengah

Lensamedan - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi di ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel