Latih Kesiapan Belajar Tatap Muka, Dinas Pendidikan Sumut Lakukan Simulasi

Lensamedan- Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Sumut) terus melakukan persiapan dimulainya kembali belajar tatap muka pada tahun ajaran baru di Bulan Juli mendatang. Hal ini seiring dengan proses vaksinasi Covid-19 terhadap pendidik dan tenaga pendidik sudah mulai dilakukan.

“Tetapi saya belum dapat datanya berapa guru yang sudah divaksin, karena itu dilakukan oleh masing-masing kabupaten/kota,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut Alfian Hutauruk ketika dihubungi, Kamis (29/4/2021).

Sembari menunggu proses vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga pendidik selesai dilakukan yang dijadwalkan pada bulan Juni mendatang, Dinas menurut Alfian sudah melakukan simulasi tatap muka selama seminggu di dua sekolah yakni SMK dan SMA di seluruh kabupaten/kota yang tidak masuk zona merah.

Selama simulasi, pihaknya tidak menemukan kendala yang berarti. Setiap sekolah yang ditunjuk melakukan simulasi mampu mengaplikasikan semua persyaratan, seperti hanya melibatkan 50 persen dari kapasitas murid di setiap kelas dan jam kegiatan yang hanya berlangsung 4 jam. Sehingga diharapkan pada bulan Juli nanti, kegiatan tatap muka bisa dimulai.

“Tapi tentunya sekolah juga tidak bisa kita paksakan, jadi kita serahkan ke masing-masing sekolah,” kata Alfian.

Dihubungi terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumut Medan Utara Sakti menambahkan, proses vaksinasi untuk sekolah di wilayah kerjanya bervariasi.

“Jadi ada sekolah yang sudah 70-80 persen, tetapi ada juga yang baru 40%. Total guru di Cabang Medan Utara itu sebanyak 9000 orang baik guru sekolah negeri mau pun swasta,” ujar Sakti.

Sakti menambahkan, pada saat simulasi, sekolah di Kota Medan belum bisa ikut terlibat.

“Karena Kota Medan masuk Zona Merah,” tambahnya.

Seperti diketahui, Mendikbudristek Nadiem Makarim menjadwalkan proses belajar tatap muka sudah bisa dilakukan di tahun ajaran baru bulan Juli mendatang, seiring dengan proses vaksinasi yang sudah berjalan. Tetapi, pihaknya tetap memberikan pilihan kepada orang tua murid, apakah mengijinkan anaknya ikut tatap muka atau tetap online. (*)

 

(Medan)  

 

 

Belum ada Komentar untuk "Latih Kesiapan Belajar Tatap Muka, Dinas Pendidikan Sumut Lakukan Simulasi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel