FORKAPI Dukung Alumni Pondok Pesantren Pimpin Kota Medan

Lensamedan- Memperingati hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2020, Forum Komunikasi Alumni Pondok Pesantren Indonesia (FORKAPI) menggelar Gathering dan Fokus Group Discussion di  SAGA Creative Hub Komplek Setia Budi Center, Tj.Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Sumatera Utara, Kamis (22/10/2020).

Dalam pertemuan yang  dihadiri Ketua Umum FORKAPI, Muhammad Nuh. LC, MSP  alumni Ponpes Persis Bangil , Calon Wakil Wali Kota Medan H.Salman Alfarisi yang merupakan Alumni Ponpes Darunnajah Ulujami Jakarta serta sejumlah alumni lainnya seperti Alumni Gontor Ponorogo, Darul Arafah Deliserdang, Musthafawiyah Purba Baru, Al Uswah Langkat, Ar Risalah Padang, Walisongo Ponorogo dan alumni Ponpes di berbagai daerah di Indonesia, tersebut dihasilkan sejumlah rekomendasi salah satunya terkait keikutsertaan alumni Pondok Pesantren (Ponpes) dalam kompetisi Pilkada 2020. 

Ketua Umum FORKAPI, Muhammad Nuh mengatakan FORKAPI didirikan untuk pertamakali pada 2010 silam. Tujuan dibentuknya FORKAPI sebagai wadah silaturahim antar sesama alumni pondok pesantren guna membangun komunikasi.

"FORKAPI didirikan tahun 2010 sebagai forum silaturahim, sebagai wadah membangun komunikasi," ucap Muhammad Nuh.

Terkait peran FORKAPI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Muhammad Nuh menikai sudah sangat dirasakan, dimana alumni Ponpes kini sudah berkiprah di mana-mana. Salahsatunya terkait kontestasi Pilkada hari ini.

Dalam Pilkada sendiri, FORKAPI menginginkan agar alumni pesantren yang ikut berkompetisi mendapat perhatian lebih publik,"  jelasnya.

Maka itu, Muhammad Nuh mengharapkan alumni yang terjun di Pilkada bisa menjadi refresentasi pesantren dan dapat dukungan masyarakat

" Seperti hari ini di Medan, Ustadz Salman Alfarisi bisa memberikan sumbangsih untuk kebaikan bangsa dan negara. Terlebih beliau sudah berpengalaman. Mudah mudahan nilai-nilai kepesantrenan juga akan terimplementasi dalam setiap pelaksanaan kebijakan," bebernya.

Kiprah santri di tanah air tidak diragukan lagi, kaum santri pernah berkontribusi dalam kemerdekaan bangsa ini. Bahkan kaum santri memberikan kontribusi pemikiran saat banyaknya permasalah.

"Dalam konteks kekinian diharapkan kaum santri bisa memberi warna dalam setiap kebijakan pembangunan di negara tercinta ini, " harapnya.

Dalam pertemuan tersebut FORKAPI menghasilkan rekomendasi tehadap empat isu yang hangat diantaranya terkait Resolusi Jihad KH.Hasyim Asy'ari, Undang Undang Pesantren Nomor 18 Tahun 2019, Undang Undang Cipta Kerja/Omnibuslaw dan Pilkada Serentak (Pilkada).

Terkait isu Pilkada FORKAPI mengeluarkan rekomendasi "FORKAPI mengikhlaskan, mendoakan dan mendukung alumni pesantren yang ikut dalam kompetisi Pilkada 2020. Dengan harapan hal ini menjadi kontribusi positif pesantren dalam kemajuan bangsa,"

Untuk resolusi jihad 22 Oktober 1945 FORKAPI mengeluarkan dua rekomendasi  yang pertama Resolusi Jihad KH.Hasyim Asy'ari lahir atas keprihatinan terhadap kondisi bangsa yang terancam akibat kembalinya penjajah. Maka kami berharap ruh dari resolusi jihad itu dapat i mengatasi problematika bangsa yang ada sekarang ini.

Kemudian kedua, Resolusi jihad menunjukan santri dan komitmen santri dan pesantren menjadi bagian tidak terpisahkan dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, untuk UU Nomor.18 tahun 2019 tentang Pesantren FORKAPI mengeluarkan dua rekomendasi diantaranya, pertama dengan undang-undang Pesantren maka legalitas pesantren sebagai Lembaga Pendidikan di Indonesia Semakin Kokoh. Karena itu diharapkan dukungan pemerintah pusat dan daerah terhadap pembangunan dan pengembangan pesantren. Yang kedua Dalam pelaksanaan UU. Nomor 18 Tahun 2019  agar independensi pesantren tetap terlindungi

Kemudian  terkait UU Cipta Kerja tahun 2020/Omnibuslaw, FORKAPI menyampaikan  rekomendasi diantaranya, Memperhatikan dinamika masyarakat dan umat dalam menyikapi undang undang cipta kerja. Oleh karena itu diharapkan kritik dan masukan publik menjadi perhatian pemerintah. (Rel)

 

 

(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "FORKAPI Dukung Alumni Pondok Pesantren Pimpin Kota Medan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel