Perekonomian Sumut Masih Bergantung ke Sektor Pertanian


Lensamedan - Sektor pertanian diyakini  masih akan menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi Sumut di triwulan IV tahun 2021. 

Hal ini menurut Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Soekowardojo dikarenakan hingga akhir tahun ini harga komoditi terutama komoditi perkebunan seperti CPO, karet dan juga kopi masih bertahan mahal.

Untuk jangka panjang kata Soekowardojo, pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota  didorong untuk harus mempersiapkan sektor pertanian menghadapi ekonomi hijau (green economy), sehingga tetap bisa diterima negara-negara maju. 

“Green economy ini nantinya akan mensyaratkan sejumlah hal, dari cara pengelolaan lahan pertanian hingga proses produksinya. Dan ini harus bisa dijawab, dan harus mulai disiapkan dari sekarang,” kata Soekowardojo di Medan, Rabu (15/12/2021) 

Pada kesempatan yang sama Kepala Divisi Kelompok Perumusan KEKDA  Provinsi Sumut Agustinus Fajar Setiawan menyebutkan, kontribusi positif yang ditunjukkan sektor pertanian juga tergambar dari data Nilai Tukar Petani (NTP) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut pada November yang mencapai 125,7. Ini menunjukkan petani mengalami surplus.

“Tetapi yang perlu kita cermati, tingginya NTP itu merupakan hasil subsidi silang. Dimana NTP sektor perkebunan menjadi pendorong utama tingginya NTP,” kata Agustinus. 

Karena itu kata Agustinus, pemerintah diminta untuk memberi perhatian untuk sektor pertanian diluar perkebunan terutama sektor pertanian yang berkaitan dengan kebutuhan pangan. 

“Produksi padi kita secara nasional di tahun ini turun dibandingkan tahun lalu turun. Ini perlu kita cermati, karena nanti akan berkaitan dengan inflasi di tahun 2022,” kata Agustinus. 

Sebelumnya, BPS menyebutkan perekonomian Sumut di triwulan III tumbuh sebesar 3,67%, lebih rendah dibandingkan pertumbuhan di triwulan II tahun 2021 yang mencapai 4,95%. Dan perekonomian Sumut ini ditopang sektor pertanian.  (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Perekonomian Sumut Masih Bergantung ke Sektor Pertanian "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel