Warga Kelurahan Pulo Brayan Darat I Ikuti Pelatihan Manajeman UMKM dan Budidaya Ikan Air Tawar


Lensamedan - Di era pandemi covid-19, bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) adalah bisnis yang mampu bertahan dibanding usaha-usaha besar. Karena UMKM memiliki pasar di lapisan bawah yang tetap membutuhkan produk-produk UMKM.

"Karena itu kemasan produk ikut menentukan ketertarikan konsumen," ujar fasilitator UMKM di depan puluhan warga Kelurahan Pulo Brayan Darat I Kecamatan Medan Timur yang mengikuti pelatihan Pemberdayaan Masyarakat tahun 2021.

Meski sederhana, sebenarnya produk-produk massal yang dibuat perusahaan besar, juga sangat memperhitungkan kemasan dari produk mereka. Dicontohkan adalah produk-produk makanan cepat saji internasional yang masuk ke Indonesia. Sering kali justru kemasannya yang pertamakali membuat daya tarik konsumen untuk mencoba menu yang ditawarkan. Bahkan mereka berusaha merangsang perhatian keluarga dari mulai anak-anak dengan produk mainan dalam kemasannya. 

" Jadi kesannya sederhana namun efeknya sangat besar. Karena itu saya berharap saudara-saudara yang akan menggeluti bidang usaha apapun harus membuat kemasan semenarik mungkin. Percayalah, ini akan membuat produk anda kuat dan laris di pasar," sambungnya.



BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR

Sementara itu, puluhan warga Pulo Brayan Darat I lainnya, juga mengikuti pelatihan budidaya ikan air tawar, khususnya beternak ikan lele. Dengan hanya memanfaatkan lahan lahan sempit di sekitar pekarangan sebenarnya bisnis budidaya ikan air tawar sangat menjanjikan secara ekonomi. Karena dengan modal tidak besar disertai ketekunan dan fokus dalam memprosesnya, budidaya ikan air tawar ini bisa menghasilkan pendapatan yang besar. 

Fasilitator yang dihadirkan pihak Kelurahan Pulo Brayan Darat I, berusaha menjelaskan secara detail proses budidaya mulai dari penyiapan kolam pemeliharaan, jenis pakan, jenis bibit ikan sampai cara membesarkan, hingga bisa dipanen saat berusia 2,5 samapi 3 bulan.

" Ini merupakan ladang bisnis yang cukup menjanjikan bagi bapak ibu yang ingin menggelutinya. Yang penting serius dan tekun, pasti bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan. Apalagi di era pandemi saat ini, ini kesempatan yang sangat terbuka untuk digeluti," ujar fasilitator kepada para peserta pelatihan.**(red/jk/esa).

Belum ada Komentar untuk "Warga Kelurahan Pulo Brayan Darat I Ikuti Pelatihan Manajeman UMKM dan Budidaya Ikan Air Tawar"

Posting Komentar

Karnaval dan Pawai Budaya HUT ke-432 Kota Medan Keberagaman Kesenian serta Adat Budaya Multi Etnik

Lensamedan - Gempita perayaan Busana Karnaval dan Pawai Budaya mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-432 Kota Medan, yang diawali deng...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel