Sidak ke Pelaku Usaha Feedloter, KPPU Pastikan Stok dan Harga Daging Sapi Masih Terkendali

Lensamedan- Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah (Kanwil) I Medan melakukan sidak ke Feedloter di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Sidak yang dilakukan langsung Kepala Kantor Wilayah KPPU Kanwil I Medan Ramli Simanjuntak ini  untuk memastikan pasokan dan harga sapi mau pun daging sapi menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021.

Berdasarkan pantauan di kandang feedloter bahwa harga di kandang adalah normal dan pasokan cukup. Pasokan di feedloter PT. Juang Jaya Abadi yang berlokasi di Talun Kenas Kabupaten Deliserdang terdapat 1.300 ekor sapi dengan berat rata-rata 450 kilogram (kg) per ekor. Demikian juga pantauan di kandang feedloter lainnya di PT. Indofarm  Sukses Makmur dan PT. Lembu Andalas Langkat yaitu pasokan daging sapi cukup sampai bulan Juli 2021.

“Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan,” ujar Ramli dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/4/2021).

Dijelaskan Ramli, dari hasil diskusi dengan David Yasin dari PT. Juang Jaya Abadi, disampaikan bahwa  di pasar, daging sapi segar bersaing dengan daging sapi impor sehingga dengan kondisi saat ini hal ini merupakan kendala yaitu berkurangnya permintaan pasar dibanding sebelum-sebelumnya.

“Namun demikian dari feedloter memastikan bahwa pasokan aman dan harga terjaga untuk saat ini Rp48.000 per kg.

Ramli Simanjuntak menyampaikan kepada masyarakat agar tidak panic buying dan kepada pelaku usaha yang membeli sapi dari feedloter dan atau melakukan pemotongan di Rumah Potong Hewan untuk tidak mempermainkan harga jual daging sapi.

“Karena apabila hal tersebut terjadi maka KPPU Kanwil I Medan akan segera melakukan tindakan sesuai UU No. 5 Tahun 1999,” tegasnya.

Selain memantau sapi dan daging sapi,  tim kanwil 1 juga melakukan pemantauan terkait ketersediaan pasokan ayam potong dan telor ayam di Deliserdang. Berdasarkan hasil pemantauan, stok ayam dan telor dalam keadaan aman. (*)

 

(Medan)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Sidak ke Pelaku Usaha Feedloter, KPPU Pastikan Stok dan Harga Daging Sapi Masih Terkendali "

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel