Belanja Masyarakat Menyusut, IHSG dan Rupiah Ditutup Turun


LensaMedan - Data penjualan ritel di tanah air membukukan pertumbuhan -2.7% pada bulan April 2024 secara year on year. Padahal di bulan April ada lebaran Idulfitri yang semestinya menjadi momen peningkatan belanja masyarakat.

Selain itu, data penjualan mobil juga mengalami penurunan 13.3% secara year on year.

Data dari tanah air ini menurut Analis keuangan Sumatra  Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, menjadi kabar buruk bagi pasar keuangan hari ini.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini ditutup melemah 0.95% di level 6.855,69.

"Kinerja IHSG terkoreksi cukup dalam, yang juga seirama dengan sejumlah bursa di Asia lainnya seperti ASX dan Hang Seng," ujar Gunawan di Medan, Selasa (11/6/2024).

Ditengah minimnya sentimen pasar, kata Gunawan, mata uang Rupiah juga mengalami tekanan, dan sepanjang sesi perdagangan bahkan bertahan di zona negatif.

Rupiah ditutup melemah di level 16.285 per Dolar AS dan nyaris menyentuh 16.300 per Dolar AS.

Rupiah bahkan sempat ditransaksikan di level diatas 16.300 pada pasar NDF di luar yang menggiring pelemahan pada Rupiah, sehingga Rupiah cenderung bergerak mendekati 16.300 per Dolar AS.

"Spekulasi terkait dengan memudarnya ekspektasi penurunan bunga acuan menjadi pemicu pelemahan Rupiah," katanya.

Gunawan memperkirakan, gejolak pada pasar keuangan di tanah air juga berpotensi masih terjadi pada perdagangan besok seiring dengan rilis data inflasi AS.

"Pasar masih berpeluang mengalami kejutan," ucapnya.

Di sisi lain, harga emas pada pasar Asia sejauh ini ditransaksikan stabil. Harga emas ditransaksikan di kisaran level US$2.307 per ons troy pada perdagangan sore. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Belanja Masyarakat Menyusut, IHSG dan Rupiah Ditutup Turun "

Posting Komentar

HMI Jawa Bagian Tengah dan Timur Periode 2023 - 2025 M Dilantik

LensaMedan- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badan Koordinasi Jawa Bagian Tengah dan Timur Periode 1445-1447 H / 2023-2025 M, melaksanakan pel...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel