Data Inflasi AS Sedikit Mengecewakan, IHSG Dibuka Menguat


Lensamedan - Setelah libur panjang jelang Ramadahan 2024, ada beberapa data dari tanah air yang terlewatkan. 

Yakni data penjualan mobil yang tumbuh -18.8% dan kendaraan bermotor yang juga tumbuh -2.9% secara tahunan di bulan Februari. 

Selain itu, revisi data PDB jepang mencatatkan pertumbuhan 0.4%, masih lebih rendah dari ekspektasi sebelumnya yang memperkirakan ekonomi Jepang tumbuh sekitar 1%.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, pada perdagangan kemarin, kinerja bursa di Amerika Serikat (AS) mengalami penguatan sekalipun data inflasi masih lebih tinggi dari proyeksi pasar. 

Inflasi inti AS secara tahunan naik 3.8% di bulan Februari, lebih tinggi dari ekspektasi 3.7%, dan inflasi secara keseluruhan di bulan Februari juga lebih tinggi dari ekspektasi 3.1%, dengan realisasi ada di level 3.2%.

Laju tekanan inflasi AS yang masih tinggi tersebut menyisakan kekhawatiran bahwa kebijakan pemangkasan suku bunga acuan bisa saja kembali ditunda. 

“Meski demikian, sejauh ini pasar keuangan di Asia terpantau mengalami kenaikan, mengikuti kinerja bursa di AS yang juga turut menguat. Termasuk IHSG yang di sesi perdagangan pagi ini juga dibuka menguat di level 7.412,” ujar Gunawan di Medan, Rabu (13/3/2024).

Sementara itu, lanjut Gunawan, seiring dengan masih tingginya laju tekanan inflasi di AS, imbal hasil US Treasury 10 tahun juga mengalami kenaikan tajam dan saat ini ditransaksikan di kisaran 4.147%. 

Kenaikan imbal hasil US Treasury tersebut berpeluang menekan kinerja mata uang Rupiah. Dimana mata uang Rupiah pada perdagangan hari ini ditransaksikan melemah di level 15.590 per Dolar AS.

Selain pelemahan Rupiah, harga emas juga terpantau mengalami tekanan setelah smepat mendekati level US$2.200 per ons troy nya. 

Harga emas kembali terpuruk pasca rilis data inflasi AS yang sedikit mengecewakan. Harga emas saat ini ditransaksikan dikisaran level US$2.158 per ons tory nya. 

“Secara keseluruhan pasar keuangan masih diselimuti kabar buruk dari rilis data inflasi AS kemarin,” pungkasnya. (*)


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Data Inflasi AS Sedikit Mengecewakan, IHSG Dibuka Menguat "

Posting Komentar

Muda dan Enerjik, HIPMI Langkat Desak Bobby Nasution Segera Daftar Calon Gubsu

LensaMedan - Ketum BPC HIPMI Langkat, Thomas Saputra mendesak Wali Kota Medan Bobby Nasution agar segera mendaftar sebagai calon Gubernur Su...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel