Saring Sebelum Sharing untuk Wujudkan Pemilu Damai


Lensamedan - Seringkali Pemilu diwarnai dengan konflik, kericuhan, dan perpecahan di masyarakat. Untuk menghindari hal tersebut, diperlukan upaya bersama dalam mewujudkan Pemilu Damai 2024.

Menyikapi hal tersebut, pemerintah melalui program Literasi Digital oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika bekerjasama dengan Komisi I DPR RI melaksanakan seminar dengan tema “Saring Sebelum Sharing: Wujudkan Pemilu Damai 2024” di Hotel Hermes Medan, Rabu (31/1/2024). 

“Pentingnya pemilu damai tidak bisa diabaikan, terlebih dengan kondisi masyarakat yang kian kompleks dan beragam. Dengan tema Saring Sebelum Sharing, kita diingatkan untuk menyaring informasi sebelum menyebarkannya, sehingga tidak terjebak dalam penyebaran berita bohong atau hoaks yang dapat memicu konflik di masyarakat,.” ucap Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid.

Masyarakat disebutkan Meutya juga diingatkan untuk menyaring sikap dan perilaku dalam menyikapi perbedaan pendapat, sehingga tidak terjebak dalam ujaran kebencian atau tindakan provokatif yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk itu, ia mengajak para peserta seminar untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

“Dalam era digital seperti sekarang ini, penyebaran informasi lebih cepat dan luas melalui media sosial, oleh karena itu, kita perlu lebih selektif dalam membagikan informasi atau memposting sesuatu di media sosial. Pastikan informasi yang kita terima sudah diverifikasi kebenarannya sebelum kita menyebarkannya, sehingga kita tidak ikut serta dalam penyebaran berita palsu yang dapat menimbulkan kekacauan di masyarakat,” sebutnya. 

Sebagai seorang Content Creator, Ari Ridwan sependapat dengan Meutya Hafid bahwa media sosial dapat menyebarkan berbagai macam berita baik yang benar maupun tidak.

“Setiap individu juga perlu memiliki kesadaran akan pentingnya peran serta dalam menciptakan kondisi yang kondusif menjelang pemilu, dan setiap tindakan yang diambilnya tidak memicu konflik di masyarakat,” ucap Ari Ridwan

Ari Ridwan berharap, seluruh rakyat Indonesia dapat bersama-sama mengedepankan sikap bijak dan bertanggung jawab dalam menyikapi Pemilu 2024. (*)



(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Saring Sebelum Sharing untuk Wujudkan Pemilu Damai"

Posting Komentar

Kabupaten Batu Bara Gelar Kick Of Meeting Penyusunan Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026

Lensamedan -  Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Nizhamul SE MM, yang diwakili Asisten II Bambang Hadisuprapto membuka kegiatan Kick Off Meeting...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel