Peringati Hari Kanker Sedunia, Sekdaprov Sumut Tekankan Pentingnya Edukasi tentang Kanker


 Lensamedan – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi  Sumatera Utara (Sumut), Arief S Trinugroho, mendorong agar pengetahuan masyarakat  mengenai kanker perlu ditingkatkan. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penambahan kasus kanker di Indonesia, khususnya Sumut.

"Mari kita tingkatkan partisipasi masyarakat untuk lebih peduli pada kesehatannya, melakukan perilaku hidup sehat sehari-hari, sehingga penyakit-penyakit seperti kanker ini tidak datang," kata Arief pada peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day). di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman 41, Medan, Sabtu (4/2/2023).

Selain itu, kesadaran masyarakat mengenai deteksi dini kanker harus pula ditingkatkan. 

"Ini pun harus kita tingkatkan kesadaran masyarakat, jangan sampai sudah dalam kondisi parah baru berobat," ujar Arief. 

Senada dengan Arief, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumut, Nawal Lubis pun mengharapkan masyarakat semakin sadar dengan penyakit kanker. 

Menurut Nawal, penyakit kanker apabila dideteksi sejak awal akan mudah ditangani. 

"Sehingga tidak membutuhkan pengobatan yang banyak dan waktu yang lama," katanya. 

Nawal mengharapkan kegiatan World Cancer Day yang diselenggarakan YKI dapat menambah kesadaran masyarakat mengenai kanker. 

Sehingga masyarakat bisa melakukan pencegahan dan deteksi dini penyakit tersebut. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit, mengatakan, hampir 70% kasus kanker ditemukan saat sudah stadium lanjut. 

Padahal apabila didiagnosis lebih awal, pasien bisa bertahan hidup lebih lama dibanding yang terlambat didiagnosis kanker. 

Selain itu, biaya penanganan penyakit kanker sangat mahal. Penanganan kanker tahun 2021 dan 2022  di Indonesia memakan biaya sebesar Rp 3,5 triliun.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut pun memiliki berbagai program pencegahan dan pengendalian kanker pada tahun 2022. 

Di antaranya melakukan deteksi dini kanker di kabupaten/kota,  serta memberikan pelatihan deteksi dini kanker di kabupaten/kota. 

"Selain itu kampanye kanker juga akan terus digalakkan sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit ini," ujar Alwi. 

World Cancer Day diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari lomba video edukasi cegah kanker dengan bahasa daerah dan Bahasa Inggris, seminar nasional, hingga cerdas cermat seputar kanker. (*)


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Peringati Hari Kanker Sedunia, Sekdaprov Sumut Tekankan Pentingnya Edukasi tentang Kanker "

Posting Komentar

Pj Gubernur Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kolaborasi Bangun Sumut

Lensamedan  - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, bersama Forum Koodrinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berbuka puasa...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel