Nurni Sulaiman, Taekwondoin Perempuan Pertama di Sumut Pemegang DAN V Internasional


 Lensamedan - Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, mengapresiasi prestasi Nurni Sulaiman sebagai satu-satunya taekwondoin perempuan di Sumut pemegang DAN V Taekwondo Kukkiwon internasional.

“Hebat luar biasa, Ka Nurni ini jugakan pelatih, wasit juga, (aktif) di dojang juga, artinya kemampuannya juga harus terus ditingkatkan tidak boleh stagnan, apalagi ini perempuan pertama dan satu-satunya di Sumut pemegang DAN V,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, Sabtu (4/2/2023).

Ijeck menambahkan, Sumut sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 perlu adanya upaya menjaga regenerasi atlet. 

Menurut Ijeck, peran pembina atau pelatih sangat besar untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi. 

“Saya sebagai Ketua Taekwondo Sumut menginginkan atlet-atlet berprestasi, regenerasi atlet,  apalagi kita akan menjadi tuan tumah PON. Peran pelatih cukup penting, mudah-mudahan semakin banyak pelatih yang memegang High DAN di Sumut, khususnya perempuan,” harapnya.

Nurni berhasil lolos bersama lima rekan taekwondoin pria lainnya pada ujian sabuk hitam yang digelar Pengprov TI Sumut di GOR Badminton Cemara Asri, Deliserdang, Minggu (29/1/2023). 

Nurni mengakui, naik ke DAN V penuh tantangan, butuh fisik, mental serta pengetahuan dan stamina yang mumpuni.

“Ada ujian praktik dan teori. Ujian praktik meliputi 14 basic movements, push up, sit up, scott jump. Ada tiga jurus poomsae yakni Pyeongwon, Taebek, dan Geumgang. Juga pemecahan kyukpa berlapis dengan teknik tinggi atau tendangan putar,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, ujian teknik hosinsul atau berpasangan dengan praktik teknik pukul, tendang, dan bantingan, serta sparing atau bertarung sesama level, termasuk siap berhadapan dengan rekan pria juga harus dilaluinya.

“Saya berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung saya, termasuk rekan-rekan yang telah memberikan dukungan moril saat pelaksanaan UKT ini,” ujar wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut ini.

Diakui Nurni, kehadiran taekwondoin perempuan di Sumut masih minim di level High DAN. Ia berharap ke depan akan lebih banyak lagi peserta High DAN perempuan di Sumut, sehingga ada regenerasi untuk pelatih taekwondo perempuan senior.

“Di Sumut kita minim taekwondoin perempuan di level High DAN. Kita masih tertinggal dari Pulau Jawa yang sudah memiliki taekwondoin perempuan yang memegang High DAN hingga DAN VI atau lebih,” ujar Nurni, yang saat ini memegang lisensi wasit dan pelatih nasional, sekaligus aktif sebagai Pelatih Dojang Journalist Champion.

Ada 165 peserta yang mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT) sabuk hitam mulai DAN I hingga DAN V. 

Kualifikasi DAN V adalah tingkatan kelima, masuk ke level tinggi (High DAN) di olahraga beladiri yang berasal dari Korea Selatan tersebut. Pelaksanaan UKT DAN V sistem online pertama digelar di Sumut. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk " Nurni Sulaiman, Taekwondoin Perempuan Pertama di Sumut Pemegang DAN V Internasional "

Posting Komentar

Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat, Wali Kota Medan Bersafari Ramadan ke Masjid Al Mustaqim

Lensamedan - Wali Kota Medan, Bobby Nasution melakukan Safari Ramadan ke Masjid Al Mustaqim, Kecamatan Medan Helvetia. Kegiatan ini dilakuka...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel