Majukan UMKM Batubara, Bupati Zahir Launching E-Diskopukm

Foto : Bupati Batubara Ir Zahir.

Lensamedan -

Pemerintah Kabupaten Batu Bara tak henti menciptakan inovasi demi meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Inovasi kali ini hadir dari Dinas Koperasi dan UKM Batu Bara yaitu aplikasi E-Diskopukm yang diluncurkan oleh Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., di Aula Gedung Budi Dharma, Desa Tanah Merah, Kecamatan Air Putih, Rabu (23/11/2022).

Aplikasi E-Diskopukm yang dirancang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya ekonomi kecil dan menengah ini diluncurkan Bupati Zahir bersama Kepala Dinas Koperasi dan UKM Batu Bara Arif Hanafiah beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Batu Bara.

E-Diskopukm terintegrasi dengan website batubaramart.com untuk membantu menjual produk UMKM Kabupaten Batu Bara.

Peluncuran aplikasi sekaligus pembukaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) akhir hasil pengkajian dan penelitian terkait penyusunan roadmap percepatan pengembangan koperasi dan UKM Kabupaten Batu Bara tahun 2022-2031.

Dalam kegiatan itu, Bupati Zahir menjadi narasumber yang memaparkan kesesuaian antara rencana pembangunan jangka menengah daerah (RJPMD) 2019-2023 dengan roadmap yang telah disusun oleh tim peneliti, sehingga terjadi sinkronisasi dalam perencanaan pembangunan daerah di sektor ekonomi dan di subsektor koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Batu Bara Arif Hanafiah, mengatakan kegiatan ini merupakan pemetaan akhir produk unggulan masyarakat dari tiap-tiap desa di Kabupaten Batu Bara.  

“Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemetaan akhir dari penelitian yang telah dilakukan terhadap 151 desa dan kelurahan, di mana kita telah memetakan berbagai produk unggulan desa yang dilakukan oleh pelaku UMKM dan koperasi,” jelas Arif.

Arif menambahkan melalui FGD akhir ini dapat memajukan UMKM Kabupaten Batu Bara untuk membantu pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam pemulihan ekonomi.

Dengan FGD akhir ini diharapkan seluruh komponen dan elemen serta stake holder yang hadir dapat memberikan masukan maupun tanggapan gagasan dan saran terkait potensi-potensi yang belum terpetakan, sehingga menjadi penyempurnaan dalam penyusunan kajian teknis percepatan pengembangan koperasi UKM 2022-2031 di Kabupaten Batu Bara.

Reporter : Reza

Belum ada Komentar untuk "Majukan UMKM Batubara, Bupati Zahir Launching E-Diskopukm "

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel