Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kawasan Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata Favorit

Lensamedan - Selama liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, tercatat sebanyak 317.281 orang mengunjungi destinasi wisata yang ada di sejumlah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit masyarakat adalah kawasan Danau Toba.

Hal ini diketahui dari catatan pemantauan dan pengawasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara selama masa liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah  di wilayah Sumut, sejak 29 April hingga 6 Mei 2022. 

Dimana, kawasan Danau Toba yang berada di Kabupaten Simalungun, dikunjungi oleh para wisatawan mencapai 163.269 orang. Kemudian, masih di kawasan Danau Toba, di Kabupaten Samosir kunjungan wisatawan mencapai 55.933 orang.

Selanjutnya, destinasi wisata di kawasan Kabupaten Dairi capai 38.012 orang. Kawasan Danau Toba dan sekitarnya di Kabupaten Toba berjumlah 19.334 orang. 

Destinasi di Kabupaten Langkat dengan jumlah kunjungan 11.900 orang. Di Kota Pematangsiantar kunjungan mencapai 11.856 orang.

Untuk destinasi wisata di Kabupaten Padang Lawas Utara kunjungan mencapai 10.855 orang. Destinasi di Kabupaten Serdang Begadai kunjungan mencapai 5.400 orang dan destinasi di Kabupaten Pakpak Bharat dengan kunjungan hanya 772.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Zumri Sulthony bmengatakan bahwa untuk destinasi pariwisata di Kabupaten Karo terdapat kunjungan sekitar 27 ribu orang. 

"Target kita palung-palung pariwisata, sudah terisi semua dari kita terima," kata Zumri saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (10/5/2022).

Berdasarkan data tersebut, baru 10 Kabupaten/Kota dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut, yang melaporkan aktivitas masyarakat yang menghabiskan waktu liburan Lebaran dengan mengunjungi destinasi wisata di masing-masing daerah.

Zumri menjelaskan Kabupaten Simalungun menjadi data tertinggi kunjungan wisatawan saat liburan Lebaran karena sebagai pintu masuk ke kawasan Danau Toba. Kabupaten Simalungun diuntungkan dengan adanya akses Tol Tebing Tinggi.

"Simalungun itu diuntungkan karena merupakan pintu masuk ke kawasan Danau Toba. Apa lagi, saat ini sudah ada akses tol," jelas Zumri.

Zumri mengungkapkan bahwa kawasan Danau Toba menjadi objek wisata favorit masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan lebaran tahun ini.

"Ya Danau Toba, tapi kita lihat masing-masing dari data tertinggi kunjungan Danau Toba," ungkap Zumri.

Selama pandemi COVID-19, Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Kabupaten terus melakukan upaya pembenahan dibidang infrastruktur serta sarana dan prasarana fasilitas pariwisata di Danau Toba tersebut.

"Ada sesuatu yang baru, di bereskan (secara infrastruktur). Sehingga momen Lebaran ini, kesempatan orang melihat," tutup Zumri.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kawasan Danau Toba Menjadi Destinasi Wisata Favorit"

Posting Komentar

Peringatan Harkitnas 2022 di Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi Sebut Momentum Bangkitkan Perekonomian

Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang d...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel