Bank Indonesia Sumut Siapkan Rp2,9 Triliun Uang Kartal untuk Nataru 2021

Lensamedan - Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara menyiapkan uang kartal untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sebesar Rp2,9 triliun. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan realisasi kebutuhan uang masyarakat pada perayaan Nataru tahun 2020, yang mencapai Rp5,7 triliun.

Dari uang yang disiapkan tesebut, sebanyak Rp1,2 triliun sudah diserap seluruh perbankan yang ada di Sumut. Serapan yang sudah mencapai 41% ini berdasarkan catatan hingga 10 Desember lalu. 

“Dan sisa kebutuhan perbankan akan dibayarkan hingga 27 Desember mendatang,” kata Soekowardojo di Medan, Rabu (15/12/2021). 

Ditambahkannya, pemenuhan kebutuhan uang kartal untuk periode Nataru juga dilaksanakan melalui kantor kas titipan KPw Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara di BRI Kabanjahe. 

“Dan hingga 10 Desember lalu, total Outflow Kantor Kas Titipan Bank Indonesia sebesar Rp 22,4 miliar,” tambahnya. 

Secara terpisah, Kepala Divisi Sistem Pembayaran BI Provinsi Sumut, Nasrullah mengatakan, ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab turunnya permintaan perbankan terhadap uang kartal. 

Kebijakan awal pemerintah yang akan menerapkan PPKM level 3 di masa libur Nataru, dan  tidak adanya penyaluran bantuan soasial di akhir tahun menjadi faktor penyebab.

“Termasuk juga sekarang pemahaman masyarakat untuk menjaga likuiditas uang tunainya juga semakin baik. Sehingga masyarakat lebih mengandalkan non tunai, makanya kita lihat transaksi non tunai meningkat,” kata Nasrullah. 

Seiring pembatalan penerapan PPKM level 3, BI Sumut memprediksi aka nada peningkatan permintaan uang kartal dari perbankan.

“Dan kami pastikan kami siap memenuhinya,” tandas Nasrullah. (*) 


(Medan) 



 

Belum ada Komentar untuk "Bank Indonesia Sumut Siapkan Rp2,9 Triliun Uang Kartal untuk Nataru 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel