Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gaharu Lewat UMKM


Lensamedan - Selama ini ada kesan di tengah masyarakat  usaha mikro kecil menengah adalah usaha "ketengan". Padahal UMKM memiliki potensi yang sangat besar karena pasarnya menjangkau lapisan masyarakat yang sangat luas, mulai mereka yang berpenghasilan rendah sampai yang tinggi.

Yang menjadi tantangannya adalah bagaimana UMKM bisa dikelola secara profesional, tidak hanya menyangkut produk atau barang yang ditawarkan tetapi juga bagaimana cara dan kiat yang pas agar apa yang ditawarkan menarik konsumen.

Teknik dan kiat-kiat itulah yang ditawarkan fasilitator dalam pelatihan UMKM yang diikuti warga Kelurahan Gaharu, Jum'at (10/12) di Nazwa Cafe Jl. Mukhtar Basri Glugur Darat, Kecamatan  Medan Timur.

Para fasilitator yang berasal dari pengusaha binaan Dinas Koperasi Kota Medan, berusaha menularkan kiat-kiat yang benar agar produk UMKM makin diminati, termasuk bagaimana cara berkomunikasi dengan konsumen dan kerjasama di antara sesama pengusaha UMKM. Kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan menjadi bagian yang sangat penting, karena di sanalah pintu masuk untuk menawarkan produk yang dijual. "Jika kita gagal membangun komunikasi di sini, bakalan produk kita tidak akan dibeli konsumen," jelas salah seorang fasilitator dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan UMKM adalah salah satu dari program Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan Kelurahan Gaharu. 

" Kita berharap pelatihan ini mampu menjadi motivasi bagi warga masyarakat yang ingin mengembangkan usaha mereka, atau yang mulai akan terjun menggeluti bisnis UMKM," jelas Lurah Kelurahan Gaharu   Aulia Akhmad. 

Dengan menggunakan dana Kelurahan tahun 2021, Kelurahan Gaharu melaksanakan sejumlah pelatihan bagi masyarakat, seperti pelatihan UMKM, Tata Boga, dan Barista.**(red/jk/esa).

Belum ada Komentar untuk "Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gaharu Lewat UMKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel