Warga Pulo Brayan Darat I Ikuti Pelatihan Barista, Tata Boga dan Tata Rias


Lensamedan - Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat tahun 2021, Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur, melaksanakan pelatihan Barista dan Tata Boga dan Tata rias Wajah, Sabtu (11/12) di Al Nazwa Cafe, Jalan Mukhtar Basri Glugur Darat I, Kecamatan Medan Timur. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan seputar dunia kopi dan tata boga yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha yang menguntungkan.

Seperti diungkapkan Andri Dasopang, yang menjadi fasilitator pelatihan Barista, di Al Nazwa Cafe, bisnis kopi adalah bisnis yang bernilai ekonomi tinggi. Bercerita tentang pengalamannya selama mengikuti pendidikan di Jerman dan Belanda, Andri menegaskan, kopi sangat populer dan di gemari masyarakat di dua negara Eropa itu. Apalagi kopi dari Indonesia seperti kopi Lintong. Warga di dua negara itu dikenal sebagai penggemar kopi Indonesia. Karena itu setiap tahun cukup besar jumlah tonase kopi yang diekspor ke Jerman dan Belanda.

Menurut Andri, saat ini kopi menajdi primadona dalam bisnis internasional. Bahkan banyak petani yang menggeluti kopi saat ini menjadi petani yang kaya raya dari sisi pendapatan karena besarnya nilai jual kopi di pasaran. "Saya sendiri saat ini bisa mengirim kopi ke luar negeri sekitar 16 ton sekali kirim dengan nilai Rp.800 juta," katanya. Karena itu Andri yakin jika bisnis ini digeluti secara serius akan menghasilkan pendapatan yang besar.


PELATIHAN TATA BOGA DAN TATA  RIAS

Sementara itu di ruangan lain Al Nazwa Cafe, sejumlah warga Kelurahan Pulo Brayan Darat I, juga mengikuti pelatihan Tata Boga. Pengenalan dan teknik-teknik membuat panganan dari bahan sederhana namun lezat untuk dinikmati dan bernilai ekonomi. Karena itu para peserta yang seluruhnya kaum ibu mengikuti dengan antusias apa yang disampaikan chef Al Nazwa Cafe yang menjadi fasilitator kegiatan tersebut.

"Selama ini tidak banyak yang tahu, bahwa dari bahan-bahan sederhana bis dihasilkan kue yang menarik dan lezat rasanya. Itu yang ingin kita sebarkan kepada ibu-ibu hari ke ini, ujar chef Al Nazwa Cafe kepada peserta pelatihan.

Sementara di sisi lain puluhan peserta asyik mempraktekkan pelatihan tata rias wajah yang merupakan salah satu aktifitas penting kaum perempuan. Di tempat itu para peserta diajarkan secara langsung bagaimana mengenali jenis-jenis bahan kecantikan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Para peserta pun langsung diajarkan praktek merias wajah dengan bhan-bahan yang dikenal dan cukup populer di kalangan kaum perempuan.

Kepala Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Nurdamayanti Siregar, SE MAP mengungkapkan, pelatihan ini adalah bagian dari program Pemberdayaan Masyarakat yang menggunakan dana Kelurahan tahun 2021. Di samping Barista, dan Tata Boga juga digelar pelatihan pelatihan Tata Rias, UMKM dan ternak ikan air tawar.

"Kita berharap pelatihan-pelatihan ini bisa dimanfaatkan warga untuk meningkatkan pengetahuan, sakaligus memotivasi mereka untuk menggeluti bidang-bidang usaha yang dilatih tersebut," jelas Nurdamayanti Siregar, SE MAP. **(red/jk/esa). 

Belum ada Komentar untuk "Warga Pulo Brayan Darat I Ikuti Pelatihan Barista, Tata Boga dan Tata Rias"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel