Nawal Lantik Pengurus PD GPMB Tapsel

Lensamedan - Pengurus Daerah (PD) Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB)  Tapanuli Selatan (Tapsel) yang baru dilantik diharapkan dapat meningkatkan masyarakat gemar membaca. Sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan berbudaya, berdaya saing tinggi dan terwujud masyarakat yang bermartabat. 

Hal tersebut disampaikan Ketua GPMB Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis usai melantik PD GPMB Kabupaten Tapsel, sekaligus membuka Rapat Koordinasi Perpustakaan di Aula Selasih Kantor Bupati Tapsel, Jalan Dano Situmba Sipirok, Kabupaten Tapsel, Kamis (18/11/2021).  PD GPMB Kabupaten Tapsel yang dilantik antara lain, Ketua Rosalina Dolly Pasaribu, Sekretaris Fauzani Harahap, dan Bendahara Tetty Nuryani. 

"GPMB hadir untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya membaca dan belajar sepanjang hayat, untuk kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Upaya kita untuk mempercepat tumbuhnya minat serta kebiasaan membaca di tengah masyarakat yang menjadi bagian dari upaya membangun serta mempersiapkan generasi unggul, menyongsong era industri 4.0 serta bonus demografi yang segera akan dihadapi bangsa Indonesia," ucap Nawal Lubis. 

Dijelaskan Nawal, hasil survei beberapa lembaga survei dunia, menempatkan Indonesia pada peringkat paling bawah. Hal ini merupakan keprihatinan dan harus menjadi perhatian bersama. 

"Ini pada survei Lembaga Program for International Studen Assesment (PISA) yang diterbitkan pada bulan Maret 2019 menempatkan Indonesia pada peringkat 74 dari 79 negara. Di Sumut menempati peringkat 18 dari 34 provinsi, ini merupakan kondisi yang memprihatinkan dan memperlakukan kita semua," katanya. 

Masalah yang dihadapi adalah akses buku yang saat ini dihadapi anak-anak di wilayah pedesaan. Bagi anak-anak di wilayah perkotaan untuk mendapatkan buku-buku bahan bacaan memang tidak mengalami kendala, mereka bisa datang ke toko buku dan perpustakaan dan lainnya. 

"Rendahnya minat baca akan bermuara pada rendahnya kualitas SDM manusia di pedesaan," katanya. 

Nawal menginginkan PD GPMB bersama unsur lainnya untuk dapat melahirkan generasi yang cerdas, terampil, mandiri, religius, serta berdaya saing, hasil dari generasi yang minat membaca. 

"Efeknya adalah untuk menambah informasi, memperkaya wawasan, mengasah daya pikir dan membentuk karakter mulia anak," ujarnya. 

Ketua Pengurus GPMB Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu dalam kata sambutannya meminta kerja sama pada seluruh unsur yang terkait, baik dari Pemerintah Kabupaten serta pihak swasta, untuk dapat menjalankan program minat baca ini pada masyarakat Kabupaten Tapsel.  

"Pustaka dan sarana baca lainnya di tingkat kelurahan hingga desa sudah tersedia karena dukungan dari Bupati Tapsel. Saya meminta juga dukungan dari pihak lain agar minat baca ini terus meningkat terutama di pedesaan. Juga meminta arahan dari GPMB Sumut untuk membantu Kabupaten Tapsel agar target minat baca ini dapat tercapai secara maksimal," katanya. 

Usai melaksanakan kegiatan pelantikan, Nawal Lubis bersama Rosalina Dolly Pasaribu serta lainnya juga meninjau Perpustakaan Al Hidayah yang ada di Desa Natambang Roncitan, Kecamatan Arse Tapsel. Di sini Nawal memuji Kepala Desa Natambang Roncitan, yang telah menyediakan perpustakaan yang sudah tersedia sarana komputer dan fasilitas internet, serta kelengkapan buku yang sudah memadai untuk sarana baca bagi anak. 

Nawal juga merasa gembira, karena di area ini juga tersedia sarana mesin jahit untuk mengisi keterampilan ibu-ibu masyarakat desa. Kesempatan itu, Nawal juga mencicipi kuliner masyarakat desa yakni dodol yang terbuat dari buah tomat. 

"Saya baru tahu, ada dodol yang terbuat dari buah tomat. Ini cukup bagus dan rasanya juga enak, ini tinggal dipasarkan saja," katanya, sembari menyerahkan bantuan paket buku bacaan anak untuk Perpustaakan Al Hidayah. (*)



(Sipirok)


 

Belum ada Komentar untuk "Nawal Lantik Pengurus PD GPMB Tapsel "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel