Seniman Lintas Bangsa Berkolaborasi Rilis "Restore" untuk Support Pendidikan Lingkungan Hidup

Lensamedan- Dua seniman lintas bangsa merayakan Hari Bumi tahun ini dengan merilis karya kolaborasi mereka yang berjudul "Restore". Single dan video musik kolaboratif ini diluncurkan oleh komposer muda Rani Jambak dari Indonesia, berkolaborasi dengan Lyra Pramuk, vokalis Amerika yang kini berdomisili di Berlin, Jerman.

"Restore" diproduksi secara kolaboratif melalui serangkaian sesi studio digital dan Zoom call, sebagai bagian dari Virtual Partner Residency Program dari Goethe-Institut, Jerman, di mana hasil penjualan karya ini sepenuhnya didonasikan untuk kegiatan pendidikan lingkungan hidup di Sumatera. 

Rani Jambak mengatakan, latar belakang budaya dan praktek bermusik kedua seniman yang berbeda bangsa ini menjadi sebuah visi bermusik yang unik. “Restore” menggabungkan aspek musik tradisional Indonesia dan musik barat, dalam pendekatan global kekinian melalui bentuk produksi musik elektronik dengan menampilkan atmosfer suasana alam dan tradisi.

“Karya ini mewakili komitmen bersama kami untuk meningkatkan kesadaran tentang adanya pengrusakan lingkungan yang setiap hari berlangsung dan terjadi di bumi kita. Dan Hari Bumi 2021 adalah waktu yang tepat untuk merilis karya ini," kata Rani Jambak melalui keterangan tertulisnya, Kamis (22/4/2021).  

Dijelaskan Rani, mereka berdua berkomitmen, setiap penjualan single ini pada platform online Bandcamp, akan didonasikan langsung ke Pusat Pendidikan Lingkungan (PPLH) Bohorok, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam program pendidikan lingkungan dan pusat konservasi alam, yang berlokasi di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat. 

"Pembelian lagu atau donasi dapat dilakukan melalui akun Bandcamp Lyra Pramuk. Minimal donasi yang disalurkan sekaligus sebagai pembelian lagu adalah 1 euro," lanjut komposer muda yang saat ini berdomisili di Kota Medan.

Sementara itu, Lyra Pramuk mengungkapkan,  kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi simbol yang kuat dari potensi musik kontemporer, yang mampu memberdayakan secara lintas budaya dan tradisi yang berbeda.

“Untuk sebuah pesan penyelamatan lingkungan," kata Lyra.

Lyra berharap, karya ini dapat menarik perhatian internasional terhadap misi dan kegiatan Pusat Pendidikan Lingkungan (PPLH) Bohorok.

“Siapapun di seluruh penjuru dunia dapat membeli karya kami, yang berarti bahwa mereka secara langsung ikut mendukung kegiatan-kegiatan PPLH Bohorok," sambungnya.

Karya “Restore” yang merupakan komposisi musik digital ini lahir dengan diawali proses pengambilan sampling suara instrumen tradisional Sumatera yang dilakukan oleh Rani Jambak, untuk membangun basis pondasi dari komposisi. Kemudian, Lyra Pramuk merespon dengan mengisi beberapa lapis layer rekaman vokal, dengan berbagai warna suara yang berbeda, untuk membentuk paduan suara alami yang unik.

Dalam lagu ini dapat didengarkan vokal paduan suara yang saling bersahutan, yang kesemuanya merupakan vokal dari Lyra Pramuk, yang direkam dan diolah kembali dalam lebih dari 40 file audio berbeda, dan kemudian disatukan bersama komposisi bunyi dari alat-alat musik tradisional yang telah direkam dan diolah secara digital oleh Rani Jambak.

Adapun bunyi instrumen tradisional Sumatera yang dimainkan dalam lagu ini, antara lain adalah alat musik tiup sampelong dari Sumatera Barat, dan batu talempong, yaitu batu yang bila dipukul menimbulkan bunyi nada seperti halnya gamelan kuningan. Suara sampling Batu talempong ini direkam oleh Rani di Nagari (desa) Talang Anau, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar).

Batu talempong sendiri merupakan warisan nenek moyang telah terdaftar sebagai salah satu situs cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, dengan nomor inventaris: 18/BCB-TB/A/10/2007. Kolaborasi ini terasa seperti hutan yang hidup.

“Kami ingin membuat karya musik yang mencerminkan hati kami, yang dapat menunjukkan harapan besar kami terhadap lingkungan dan dedikasi kami terhadap dunia yang sedang dilanda pandemi,” kata Rani.

Bertepatan dengan Hari Bumi yang mengambil tema "Restore Our Earth" atau Pulihkan Bumi Kita, Rani dan Lyra juga merilis video musik untuk lagu mereka yang menyoroti pemandangan alam yang menakjubkan dan kehidupan liar yang ada di ekosistem Leuser, yaitu hutan hujan tropis seluas 2,6 juta hektar di provinsi Aceh dan Sumatera Utara, Indonesia. Ekosistem Leuser adalah rumah bagi orangutan Sumatera, spesies yang terancam punah yang memainkan peran penting dalam ekosistem hutan hujan tropis.

Secara terpisah, marketing communication PPLH Bahorok Arif Hasibuan menekankan bahwa pendidikan dan kegiatan lingkungan hidup penting bagi masyarakat saat ini. Kehidupan global yang dinamis dan perkembangan teknologi yang pesat terus mengancam lingkungan yang semakin tidak terkendali akibat aktivitas yang dilakukan oleh manusia sendiri, kerusakan alam, penggundulan hutan, perburuan hewan, kerusakan ekosistem laut akibat penumpukan sampah, dan lain-lain yang telah terjadi tepat di depan mata kita.

“Musik kolaboratif antarbenua karya Rani Jambak & Lyra Pramuk ini menjadi tanda dan pengingat yang kuat bagi seluruh manusia di bumi yang harus bertekad bersama untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan akibat pemanasan global yang berkelanjutan,” kata Arif.

Arif mengingatkan, di momen peringatan Hari Bumi 2021, dunia termasuk Indonesia masih dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang hampir mengubah tatanan kehidupan manusia. Tema Pulihkan Bumi Kita adalah ajakan kepada semua orang di Bumi untuk lebih bijak dalam mengambil segala tindakan yang berkaitan dengan alam dan lingkungan. Bersama-sama, kita dapat mencegah bencana perubahan iklim dan kerusakan lingkungan. Bersama-sama, kita bisa memulihkan Bumi kita.

“Salah satu cara untuk berpartisipasi dalam gerakan ini adalah dengan memberikan dukungan bagi aksi penyelamatan bumi yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mendukung karya musik serta berdonasi untuk kegiatan penyelamatan hutan dan penyadaran masyarakat. Sebagai media untuk mendorong agar perilaku dan sikap masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan kita, dan membangun kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, sehingga dapat menjadi agenda pribadi dan bisa berkelanjutan,” demikian Arif Hasibuan. (*)

 

 

(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Seniman Lintas Bangsa Berkolaborasi Rilis "Restore" untuk Support Pendidikan Lingkungan Hidup"

Posting Komentar

Atasi Abrasi Semakin Parah, Pemdes Bandar Rahmat Lakukan Aksi Gotong Royong

Lensamedan - Pemerintah Desa (Pemdes) Bandar Rahmat, kecamatan Tanjung Tiram, kabupaten Batu Bara gotong royong untuk mencegah terjadinya ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel