Sejak Diluncurkan, Sudah 2,5 Juta Lembar UPK 75 Ribu Diserap Masyarakat Sumut

Lensamedan- Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencatat, dari sejak diluncurkan pada peringatan Kemerdekaan RI ke 75 tanggal 17 Agustus 2020 hingga 27 April 2021, jumlah Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 ribu yang sudah ditukarkan masyarakat Sumut sudah mencapai 2.535.002 lembar atau 62% dari stok yang ada yang mencapai 4.100.000 lembar.

“Sementara khusus untuk wilayah kerja BI Medan, yang sudah beredar itu sebanyak 1.146.754 lembar atay 57% dari stok sebanyak 2 juta lembar,” ujar Deputi Kepala BI Provinsi Sumut, Andiwiana S di Medan, Jumat (30/4/2021).  

BI sendiri menurut Andiwiana mulai mendorong merchant dan unit usaha di Sumut untuk menerima UPK 75 ribu sebagai alat pembayaran. Hal ini dikarenakan UPK ini memang tetap disetting sebagai alat pembayaran yang sah.

“Jadi tak ada alasan pemilik usaha enggan menerima uang ini,” kata Andi.

Dijelaskannya, sejauh ini dari pantauan mereka,, penggunaan UPK 75 ribu sebagai alat pembayaran memang masih sangat minim. Hal ini dikarenakan banyak yang ragu menerima UPK ini sebagai alat pembayaran.

“Jadi kami ingin tekankan bahwa tidak ada alasan menolak untuk menerima uang ini, karena UPK ini memang alat pembayaran yang sah dan dijamin oleh undang-undang,” kata Andiwiana didampingi Kepala Divisi Sistem Pembayaran BI Provinsi Sumut Nasrullah dan Kepala Tim Pengelolaan Uang Rupiah BI Provinsi Sumut Bambang Utomo.

Untuk mendorong pelaku usaha tidak ragu menerima UPK 75 ribu sebagai alat pembayaran, BI Provinsi Sumut melibatkan perbankan.

“Karena perbankan memiliki frekuensi pertemuan yang lebih tinggi dengan pemilik merchant,” tuturnya.

Untuk semakin memudahkan masyarakat memiliki UPK 75 ribu, BI memperbaharui persyaratan yakni 1 KTP dibolehkan menukar 100 lembar per hari, dari sebelumnya hanya boleh menukar 1 lembar. Caranya masyarakat cukup masuk ke laman https://pintar.bi.go.id/. (*)

 

 

(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Sejak Diluncurkan, Sudah 2,5 Juta Lembar UPK 75 Ribu Diserap Masyarakat Sumut "

Posting Komentar

Wapres Ma'ruf Amin Sebut Ada 5 Strategi untuk Mitigasi Bencana

Lensamedan - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyampaikan 5 strategi dalam mitigasi bencana. 5 strategi ini disampaikannya saat membuka ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel