Pasokan Terbatas, Harga Cabai Naik Lagi

Lensamedan- Harga cabai di Medan kian mahal, seiring dengan mahalnya harga cabai di sejumlah wilayah di Indonesia. Harga cabai merah di Medan per hari ini terpantai sebesar Rp45 ribuan per kilogram (kg), sedangkan cabai rawit dijual paling mahal Rp70 ribu per kg.

Di pekan lalu, harga cabai merah sempat berada di kisaran Rp40 ribu, sementara cabai rawit dijual dikisaran harga Rp50 ribu per kg. Kenaikan harga cabai rawit ini dipicu oleh kiriman atau produksi cabai yang menurun di sejumlah wilayah.

Untuk cabai rawit, penjualan dari wilayah Takengon Aceh dan Sidikalang mengalami penurunan. Pemicunya adalah kondisi hujan yang membuat banyak tanaman hujan terendam air, sehingga banyak yang rusak dan mati pohonnya.

“Curah hujan yang tinggi  dan mengakibatkan kerusakan pada tanaman mengakibatkan produktifitas anjlok yang memicu terjadinya kenaikan harga,” ujar Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumut Gunawan Benjamin di Medan, Senin (18/1/2021).

Dan sayangnya kata Gunawan, mengacu kepada harga jual cabai di luar Sumut yang rata-rata lebih tinggi dari harga di Sumut membuat cabai dari luar wilayah Sumut  sulit untuk masuk ke sini. Harga yang tidak bersaing tersebut membuat Sumut akan kesulitan dalam mengendalikan harga cabai saat ini.

 “Yang terjadi justru jika harga cabai di luar Sumut lebih mahal, maka justru ada peluang cabai asal Sumut akan lebih banyak membanjiri cabai ke daerah lain. Alhasil harga cabai besar kemungkinan masih akan bertahan mahal dalam waktu dekat ini. Ini yang menjadi persoalan harga saat ini,” katanya.

Dari pantauan Tim, harga cabai merah di tingkat petani berada di kisaran Rp35 ribuan per kg , sementara cabai rawit harganya sudah mencapai Rp 55 ribuan per kg. Jadi kalau harga cabai merah saat ini berada dikisaran Rp45 ribu dan cabai rawit Rp70 ribu, maka sudah bisa dipastikan tidak ada spekulan disitu. Ini murni naik kaena faktor cuaca. (*)

 

 

(Medan)

 

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Pasokan Terbatas, Harga Cabai Naik Lagi"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel