Bank Sumut Salurkan Dana CSR Rp265 Juta untuk Agrowisata Paloh Naga

Lensamedan-  PT Bank Sumut menyerahkan dana CSR sekaligus peresmian panggung seni, gazebo, dapur kuliner dan musala, di Agrowisata Paloh Naga, Sabtu (16/1/2021). Acara tersebut juga  dihadiri Gubernur Sumatra Utara Edy, Rahmayadi; Nawal Lubis Edy Rahmayadi; Bupati Deliserdang Ashari Tambunan; Dirut Bank Sumut Muchammad Budi Utomo; Komisaris Brata Kesuma dan Syahruddin Siregar, serta Direktur Kepatuhan Eksir dan Direktur Pemasaran Bank Sumut, Hadi Sucipto.

Dirut Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo mengatakan, di tahun 2020 Bank Sumut mendapatkan alokasi Dana CSR sebesar Rp3 miliar. Ruang lingkup penyaluran dana CSR berada dalam koridor tiga pilar CSR Bank Sumut yakni lingkungan, ekonomi, serta pendidikan dan kewirausahaan.

"Program Agrowisata Paloh Naga ini sejalan dengan pilar ekonomi dengan dana yang disalurkan sebesar Rp265 juta. Selain itu, kami juga menyerahkan secara simbolis dana CSR Bank Sumut alokasi Pemkab Deliserdang senilai total Rp 616 juta," ujar Muchammad Budi Utomo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/1/2021).

Muchammad Budi Utomo mengatakan, program CSR tersebut antara lain pengadaan ambulan Rumah Sakit Umum Klas D Pancur Batu senilai Rp 318 juta, pengadaan 10 unit alat penyaring udara Rumah Sakit Umum Daerah Deliserdang senilai Rp110 juta, serta pengadaan drone dan perangkat multimedia Dinas Kominfo Kabupaten Deliserdang senilai Rp100 juta.

“Selain itu pengadaan satu unit becak motor sampah di kecamatan Patumbak senilai Rp38 juta, dan pengadaan alat daur ulang bahan plastik untuk Pelaku UMKM sebesar Rp50 juta,” katanya.

Dilanjutkannya, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi kondisi berbagai sektor usaha masyarakat dan Bank Sumut turut mendorong perbaikan ekonomi di Sumut dengan menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Untuk Agrowisata Paloh Naga, pihaknya melihat kini tempat tersebut sudah menjadi destinasi wisata dan juga tempat berwisata kuliner bagi masyarakat Kota Medan dan sekitarnya.

"Ini salah satu wujud Bank Sumut peduli dan mempercepat pemulihan ekonomi dalam masa pandemi Covid-19 ini," terangnya.

Muchammad Budi Utomo menambahkan,  ke depan, Bank Sumut akan terus berkontribusi untuk wilayah lain di Sumut, apalagi melihat Bumdes di Paloh Naga sangat proaktif dan inovatif.

Agrowisata Paloh Naga sendiri merupakan bagian dari Desa Wisata Kampoeng Lama yang terletak di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, Sumut. Lokasi wisata ini menawarkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung seperti edufarming, traditional breakfast dan lunch yang diiringi dengan musik tradisional.

Tak hanya memberikan bantuan, tapi melalui agrowisata ini, Bank Sumut bisa melakukan percepatan inklusi keuangan. Misalnya pengunjung sudah bisa melakukan transaksi di tempat ini dengan menggunakan QRIS.

"Kita bisa lihat bahwa UMKM yang berjualan di sini sudah menggunakan QRIS dalam bertransaksi. Ini pula merupakan pesan Pak Presiden bagaimana inklusi keuangan bisa dilakukan pada seluruh daerah-daerah di Indonesia ini," tandasnya.

Gubernur Edy Rahmayadi menyebutkan, pengembangan agrowisata Paloh Naga merupakan wujud loyalitas untuk tercapainya Sumut yang bermartabat.

"Andai kata setiap desa punya tempat seperti ini, luar biasa. Visi saya membangun desa menata kota, benar-benar bisa terwujud. Terimakasih Bank Sumut. Lain kali UPT Pemprov Sumut bisa hadir semua dan melihat apa yang bisa dilakukan," pungkasnya. (*)

 

 

(Deliserdang)

 

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Bank Sumut Salurkan Dana CSR Rp265 Juta untuk Agrowisata Paloh Naga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel