Stok Bahan Pangan Aman, Harga Pangan Diprediksi Stabil Hingga Tahun Baru

Lensamedan- Sejumlah petani dan pedagang besar menyatakan kalau persediaan atau stok bahan pangan pada dasarnya tersedia cukup. Kalau untuk sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, ataupun daging sapi semuanya sangat terkendali. Karena Bulog berperan besar dalam penyediaan kebutuhan tersebut.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin mengatakan, bisa dipastikan ketersediaan bahan pokok tidak perlu, semuanya terkendali.  Termasuk untuk  stok sejumlah kebutuhan pokok lainnya, seperti bawang merah, bawang  putih, cabai merah dan rawit, ikan segar, daging ayam, telur hingga sayur-sayuran. Semuanya juga terbilang aman.

“Dari hasil survei yang kita lakukan para petani meyatakan kalau cabai masih tersedia cukup untuk di panen hingga tahun baru usai nantinya,” ujar Gunawan Benjamin di Medan, Jumat (11/12/2020).

Sementara itu, bawang merah juga sama. Ketersediaan stoknya cukup, dan bahkan sejumlah petani menyatakan kalau mereka sudah mulai menanam bawang merah. Hal ini untuk mengantisipasi stok yang bisa saja terganggu saat januari mendatang akibat perkriaan cuaca yang kurang baik di sejumlah wilayah khususnya Jawa.

“Konfirmasi ketersediaan bawang merah dari sejumlah petani di daerah Merek, Tongging, Silalahi sampai Sidikalang. Mereka menyatakan sudah mengantasipasi kemungkinan gangguan stok yang bisa saja terjadi nantinya,” kata Gunawan.

Tetapi bukan berarti harga tidak bisa berfluktuasi nantinya. Mengingat cuaca yang kurang bersahabat bisa saja menjadi pemicunya. Cuaca belakangan ini telah membuat sejumlah petani enggan untuk turun ke ladang. Cabai rawit menjadi komoditas yang sulit untuk mrngalami penurunan karena cuaca tersebut.

Di sisi lainnya, cabai rawit yang didistribusikan juga kerap mengalami pembusukan saat didistribusikan. Hal inilah yang memicu kenaikan harga cabai rawit.

“Secara keseluruhan saya yakin, jika dii bulan ini cuaca mendukung, saya sangat yakin harga akan bergerak stabil, meskipun sejumlah komoditas seperti cabai merah dan cabai rawit serta daging ayam harganya masih bertahan mahal,” pungkasnya. (Red)

 

(Medan)

 

 

Belum ada Komentar untuk "Stok Bahan Pangan Aman, Harga Pangan Diprediksi Stabil Hingga Tahun Baru"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel