Sekda Sabrina : ETP Jadi Langkah Awal Penggunaan Pembayaran Non Tunai

Lensamedan- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyambut gembira upaya-upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk mendukung percepatan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) di Sumut, mulai dari jajaran pemerintah daerah, Lembaga pengelolaan keuangan daerah, dan juga perbankan.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut. R Sabrina saat memberikan kata sambutan webinar Sinergi Daerah Guna Mendukung Akselerasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Melalui Pembentukan TP2DD di Provinsi Sumut, Senin (14/12/2020).

“Ini diharapkan bisa menjadi langkah awal bagi kita untuk mendorong penggunaan pembayaran non tunai guna meningkatkan perekonomian daerah demi mencapai Sumut yang lebih maju lagi kedepannya,” ujar Sabrina.

Menurutnya, upaya untuk mewujudkan hal ini sudah diawali dengan ditandatanganinya nota kesepahaman Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah oleh Menko bidang Perekonomian, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri serta Menteri Komunikasi dan Informatika pada 13 Februari lalu.

Dari pertemuan itu, kemudian diikuti dengan Rapat Koordinasi Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia (Rakorpusda) yang dirangkaikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Kelompok Kerja Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Pokjanas P2DD) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

“Mengutip pernyataan Pak Mendagri, nota kesepahaman ini memiliki peran penting untuk mendukung efektifitas dan efisiensi pengeluaran dana Pemerintah Pusat yang ditransfer ke Pemerintah Daerah dengan meningkatkan penyederhanaan mekanisme penggunaan dan meningkatkan ketelitian mekanisme pengawasannya,” kata Sabrina.

Dilanjutkannya, sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Sumut yakni Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat, maka Provinsi Sumut  diharapkan dapat menjadi yang terdepan, baik dari sisi ekonomi, infrastruktur maupun kualitas sumber daya manusia.

“Oleh karena itu, melalui pertemuan ini saya ingin menyampaikan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi terhadap berbagai program percepatan dan perluasan implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda di Sumut,” terangnya.

Sabrina menambahkan, tercapainya pengimplementasian ETP yang kuat, inklusif, dan menyeluruh tentu membutuhkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, baik pemerintah daerah beserta OPD, Bank Indonesia, penyedia jasa system pembayaran, dan pihak lainnya. Oleh karena itu, pembentukan TP2DD baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, akan menjadi program pengembangan yang krusial kedepannya.

“Pembentukan TP2DD ini juga akan dapat memaksimalkan berbagai potensi digitalisasi yang ada melalui pemanfaatan kanal-kanal penerimaan mau pun pengeluaran daerah yang lebih advanced sehingga mampu mewujudkan Sumut menjadi smart province,” pungkasnya. (Red)

 

(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Sekda Sabrina : ETP Jadi Langkah Awal Penggunaan Pembayaran Non Tunai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel