Harga Emas Cenderung Turun, Jangan Harap Bisa Ambil Cuan

Lensamedan- Harga emas dalam 30 hari belakangan berkinerja buruk. Meskipun sempat menguat di awal pekan November, namun setelah 5 hari perdagangan awal November, harga emas terus terpukul. Setelah sempat bertahan di atas 1.800-an US Dolar per ons troy, harga emas saat ini mengalami pelemahan dan ditransaksikan di kisaran $1.780 per ons troy nya.

Kalau dirupiahkan, logam mulia itu dijual dikisaran 810 ribu per gram. Mengacu kepada kurs mata uang Rupiah terhadap US Dolar dikisaran level 14.120. Lebih murah Rp25 ribuan dibandingkan posisi satu pekan sebelumnya. Dan tren harga emas memang akan bergerak turun sekalipun terjadi peningkatan jumlah kasus pasien covid 19.

Pemerhati ekonomi Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin mengatakan, penambahan jumlah kasus Covid 19 sebelumnya memang selalu efektif dalam mendongkrak kenaikan harga emas. Namun kondisi saat ini tentunya berbeda dengan kondisi di masa yang lalu. Dimana harga emas saat ini sudah di back-up oleh temuan vaksin covid 19 yang tetap mendorong pelemahan harga emas itu sendiri.

“Jadi kalaupun ada kenaikan harga emas nantinya di kondisi saat ini, saya sangat yakin itu hanya fluktuasi sesaat. Kecuali memang nanti setelah pengangkatan Joe Biden sebagai Presiden AS, nah di situ baru kita akan melihat bagaimana tren harga emas yang terbentuk nantinya,” ujar Gunawan Benjamin di Medan, Senin (30/11/2020).

Dikatakan Gunawan, kalau di masa pandemi di tahun 2020 ini, ia kerap mengkaitkan penambahan jumlah kasus Covid-19 terhadap harga emas. Di mana setiap penambahan jumlah kasus selalu mendongkrak kenaikan harga emas. Namun, saat ini kondisinya berbeda, peningkatan jumlah kasus covid tidak lantas akan mengerek kenaikan harga emas.

“Jadi rumus yang sebelumnya jangan di pakai lagi, sentimennya sudah berubah. Kepastian manusia untuk mengatasi Covid 19 pada dasarnya ada, hanya masalah waktunya saja. Jadi trennya kedepan emas akan mengalami tekanan. Jangan coba-coba berinvestasi saat emas naik saat ini, lantas mengharapkan harga bisa lebih tinggi dalam 2 bulan kedepan. Itu merupakan kebijakan investasi yang ceroboh,” pungkasnya. (Rel)

 

(Medan)

 

 

Belum ada Komentar untuk "Harga Emas Cenderung Turun, Jangan Harap Bisa Ambil Cuan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel