Dukung program Desa Layak Anak, Mahasiswa KKN Tematik ULB  Gelar Seminar Anak

Lensamedan- Sejak ditetapkan  pada Februari 2019 sebagai pilot project Desa Layak Anak Kabupaten Labuhan Batu, Desa Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu terus berbenah. Satu persatu indikator pemenuhan hak anak dan perlindungan anak mulai mendapat perhatian khusus dari pemerintah Desa Pematang Seleng. 

Adapun dalam berbagai literatur, penguatan kapasitas dan sumber daya manusia para implementor kebijakan dan semua pemangku kepentingan desa ternyata menjadi salah satu bagian yang penting untuk diperhatikan. Menyadari hal tersebut, mahasiswa/i Universitas Labuhanbatu (ULB) yang melaksanakan KKN Tematik di Desa Pematang Seleng terpanggil untuk turut serta  dalam penguatan kapasitas dan sumber daya manusia implementor dan pemangku kepentingan desa terkait program Desa Layak Anak dengan menggelar Seminar Anak dengan judul “Strategi Pengasuhan Anak dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Adaptasi New Normal”, Kamis (24/9/2020).

Seminar yang menghadirkan Indrawati Sinaga, S.Psi, seorang psikolog yang adalah juga Direktur Lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak (LPPA) Labuhan Batu, dan  juga menangani unit konsultasi perempuan dan perlindungan anak di Polres Labuhanbatu dan Elida Simanjorang, S.Sos., MSP sebagai pembicara ini diikuti hanya sekitar 30 orang, yaitu Kades beserta istri, perangkat desa beserta istri, para Kadus beserta istri, serta Bapak Wardoyo selaku ketua BPD  dan tokoh masyarakat. Peserta yang tertentu ini dipandang sebagai pemimpin-pemimpin yang berpengaruh dan pengambil keputusan dalam kelompok-kelompok kecil masyarakat. Dengan demikian diharapkan materi seminar ini nantinya akan tersampaikan ke masyarakat luas melalui kelompok-kelompok kecil yang mereka pimpin.

Dalam sambutannya Elida Simanjorang, S.Sos. MSP mewakili pihak universitas menyampaikan bahwa ini adalah kesempatan kedua bagi beliau melakukan sinergisitas antara ULB, LPPA LB dan Pemdes Pematang Seleng melalui program KKN untuk ikut serta menyukseskan Desa Pematang Seleng dalam program Desa Layak Anak. Sebelumnya, pada tahun lalu kelompok KKN ULB  di desa Pematang Seleng juga telah melaksanakan “Sosialisasi Memutus Mata Rantai Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak”.

"Kegiatan sosialisasi ini  merupakan respon positip dan dukungan dari mahasiswa/i KKN terhadap ditetapkannya Desa Pematang Seleng tahun 2019 sebagai salah satu pilot project Desa Layak Anak di Kabupaten Labuhanbatu," ujar Elida Simanjorang.

Kades Pematang Seleng, Sumiren, 
dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada DPL dan Mahasiswa KKN ULB atas terselenggaranya seminar ini. Pelaksanaan seminar terkait anak ini menunjukkan perhatian dan kesungguhan Dosen dan Mahasiswa ULB mendukung pelaksanaan program Desa Layak Anak di Desa Pematang Seleng.

"Dan sudah terbukti, pada Peringatan Hari Anak Kabupaten Labuhanbatu tahun 2019, Desa Pematang Seleng berhasil menyabet penghargaan peringkat 2  se-Kabupaten Labuhanbatu dalam implementasi  Desa Layak Anak," kata Sumiren.

Adapun mahasiswa ULB yang melakukan KKN Tematik di Desa Pematang Seleng terdiri dari 18 orang berasal dari multi disiplin ilmu. Kelompok KKN ini dipimpin oleh Ketua Elsa Tiolina Panjaitan (prodi Manajemen FEB ULB), dan dibimbing oleh Elida Florentina Sinaga Simanjorang, S.Sos., MSP dan Wahyu Tampubolon, SH, MH masing-masing selaku Dosen Pembimbing Lapangan Pertama dan Kedua.


(Labuhanbatu)

 

Belum ada Komentar untuk "Dukung program Desa Layak Anak, Mahasiswa KKN Tematik ULB  Gelar Seminar Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel