Terdampak Pandemi Covid-19, Medan Zoo Butuh Donasi Untuk Makanan Satwa


Lensamedan-Medan Zoo yang ditutup untuk umum pada bulan Maret 2020 lalu karena mengikuti imbau Pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), membuat ‎satwa penghuni kebun binatang terancam kelaparan.

Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Medan sebagai pengelola Medan Zoo harus berpikir keras. Pasalnya, seluruh satwa yang berjumlah 270 ekor satwa dan 16 ekor harimau harus ‎tetap bisa makan dan selalu menjaga kesehatan seluruh hewan tersebut.

Direktur Utama PD Pembangunan Medan Putrama Al Khairi mengatakan bahwa saat ini pihaknya sudah tidak ada pemasukan untuk membiayi makan serta perawatan seluruh satwa. Apalagi, pemasukan utama berasal dari retribusi tiket masuk pengunjung dan even yang digelar di dalam areal kebun binatang.

“Alhamdulillah, kami dapat bantuan 200 ekor ayam dari Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta,” kata Putrama kepada wartawan, Minggu (26/4/2020).

Putrama menjelaskan bahwa untuk memberi makan Harimau tersebut, per harinya menghabiskan daging sebanyak 3 kilogram. Hal itu, memerlukan biaya cukup besar dan ditambah lagi 270 ekor satwa lainnya, memerlukan biaya untuk makan mencapai Rp 100 juta. Itu belum lagi termasuk gaji para pegawai yang saat ini mulai dirumahkan.

Putrama mengungkapkan bahwa hingga saat ini tidak ada satwa yang kelaparan. Tetapi pihaknya mulai kesulitan mencari dana operasional. Bahkan, pihaknya sempat menggalang donasi di kalangan SKPD Kota Medan beberapa waktu yang lalu.

Putrama menambahkan bahwa Medan Zoo tidak ada menerima dana dari APBD Kota Medan yang dianggarkan, sepenuhnya bergantung pada retribusi. Dengan kondisi seperti ini, ia berharap ada kebijakan dari Pemko Medan untuk dapat membantu.

“Dari pemko masih diusahakan regulasinya dan beberapa kali pertemuan masih belum ada.  Senin akan dibahas kembali,” jelas Putrama.

Saat ini, Medan Zoo membuka donasi resmi untuk menolong satwa yang terancam kelaparan. Donasi bisa diserahkan atau dijemput langsung oleh manajemen Medan Zoo. Donatur bisa menghubungi nomor kontak 085761257061 – 085296386525 (Aini dan drh Sucitrawan) atau bisa diantarkan langsung ke kantor PD Pembangunan Medan, Jalan Sutomo no 2-4, Kota Medan.

Putrama berharap wabah Covid-19 cepat berlalu, dan Medan Zoo bisa kembali beroperasi normal seperti biasanya, sehingga kebun binatang kebanggaan warga Kota Medan ini bisa dapat kembali ada pemasukan untuk makanan satwa-satwa tersebut.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Terdampak Pandemi Covid-19, Medan Zoo Butuh Donasi Untuk Makanan Satwa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel