Pasar Keuangan akan Lebih Banyak Dipengaruhi Sentimen Domestik


Lensamedan - Setelah sepekan sebelumnya pasar keuangan domestik lebih banyak dipengaruhi sentimen dari luar, maka selama sepekan kedepan pasar keuangan akan lebih banyak dipengaruhi oleh sentimen dalam negeri (tanah air). 

Seperti rilis data pertumbuhan ekonomi kuartal pertama (Q1) 2024 yang diproyeksikan akan tumbuh negatif secara kuartalan. Data tersebut berpeluang menjadi sentimen negatif bagi pasar keuangan di tanah air. 

Selanjutnya, akan ada rilis data penjualan kendaraan bermotor serta data cadangan devisa. Dimana dua data tersebut juga berpeluang menjadi sentimen negatif bagi pasar keuangan. 

Walau demikian, kabar baik bagi pasar keuangan juga berdatangan dari luar (eksternal). Seperti data ketenaga kerjaan AS yang merealisasikan angka lebih buruk dari perkiraan yang menimbulkan harapan bahwa The FED masih berpeluang untuk menurunkan besaran bunga acuannya. 

Jika nantinya diikuti dengan pernyataan dovish sejumlah pejabat The FED di pekan ini, maka pasar keuangan bisa saja kembali mendapatkan angin segar dan mendorong pasar dalam tren menguat.

“Dalam sepekan kedepan, pelaku pasar akan lebih mengkhawatirkan sejumlah agenda ekonomi yang akan dirilis dari tanah air. Yang berpeluang membuat pelaku pasar lebih cenderung untuk bersikap wait and see,” ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, Senin (6/5/2024). 

Pada perdagangan awal pekan ini, IHSG ditransaksikan menguat dikisaran level 7.150, sementara mata uang rupiah ditransaksikan menguat dikisaran level 16.000 per Dolar AS.

Memburuknya imbal hasil US Treasury 10 Y yang berada di bawah level 4.5%, ditambah dengan memburuknya kinerja USD Index (DXY) yang anjlok dikisaran level 105 menjadi kabar baik bagi kinerja mata uang Rupiah. 

Kinerja Dolar AS yang memburuk itu menjadi kabar positif bagi harga emas yang ditransaksikan stabil dikisaran US$2.313 per ons troy nya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Pasar Keuangan akan Lebih Banyak Dipengaruhi Sentimen Domestik"

Posting Komentar

Bersama Yayasan OBI Indonesia , Pemdes Pematang Rambai Gelar Bakti Sosial Kesehatan

LensaMedan - Kegiatan bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Obor Berkat Indonesia atau OBI sebuah organisasi Yayasan sosial ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel