Sumut Diperkirakan Inflasi di Bulan Maret


Lensamedan - Sejumlah harga kebutuhan pokok di pekan ini mengalami penurunan dibandingkan dengan pekan sebelumnya di bulan Maret.

Namun secara keseluruhan sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat di bulan ini mengalami kenaikan, sehingga Sumatera Utara (Sumut) berpeluang membukukan laju tekanan inflasi.

Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, mengatakan, secara keseluruhan laju tekanan inflasi di bulan Maret dipoyeksikan akan berada di atas 0.32%.

Dimana kenaikan harga yang paling tinggi terjadi pada komoditas bawang merah yang naik 13.86%, disusul daging ayam yang rata-rata naik 9.45%.

Hargaa bawang putih naik 6.43%, minyak goreng dan gula pasir yang naik paling tinggi 5.57%, harga daging sapi naik sekitar 1.5%.

Sementara sejumlah komoditas  yang mengalami penurunan adalah harga cabai merah, cabai rawit dan beras. Dimana secara rata-rata keduanya turun 1.3%, 3% dan 2.65%.

"Namun, penurunan komoditas tersebut dinilai tidak akan mampu membuat Sumut terhindar dari laju tekanan inflasi. Mengingat sumber penurunan harga lainnya seperti dari tomat, justru tidak diikuti dengan sejumlah komoditas lainnya yang naik seperti emas, kentang dan tiket pesawat," ujar Gunawan di Medan, Kamis (28/3/2024).

Capaian laju tekanan inflasi di Sumut ini menurut Gunawan menggambarkan bahwa harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat masih tinggi.

Harga cabai memang belakangan ini mengalami penurunan. Namun yang menjadi persoalan adalah bahwa sekalipun rata-rata di bulan ini lebh rendah, namun yang menjadi persoalan adalah bahwa di bulan Maret harga cabai sempat menyentuh Rp100 ribu per Kg nya.

Saat ini harga cabai merah ditransaksikan dalam rentang Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per Kg, dan berpeluang turun lagi di bulan April mendatang.

Meski demikian peluang Sumut untuk merealisasikan deflasi di bulan depan juga masih kecil kemungkinannya.

Beberapa komoditas pangan seperti daging ayam, daging sapi, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, tiket pesawat, harga emas diproyeksikan masih bertahan dengan sebagian memiliki kecenderungan untuk naik tipis.

Sementara harga cabai merah, cabai rawit, tomat, kentang dan beras diproyeksikan akan turun dalam angka yang cukup signifikan.

"Itulah yang mendasari mengapa saya begitu yakin bahwa deflasi mungkin bisa saja terjadi di bulan depan," pungkasnya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sumut Diperkirakan Inflasi di Bulan Maret"

Posting Komentar

Hingga Maret 2024, Realisasi Pembiayaan Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Lensamedan – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, hingga akhir Maret 2024  realisasi pembiayaan terealisasi Rp104,7 triliun. Realisasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel