Karutan Nimrot Sihotang: Rekaman Pungli di Rutan Kelas I Medan Hoaks

LensaMedan - Sempat viral terkait rekaman yang menyebutkan diduga adanya pungutan liar (pungli) terkait pengurusan bebas bersyarat terhadap narapidana (napi) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medan, adalah hoaks atau tidak benar.

Hal ini ditegaskan Kepala Rutan (Karutan) Kelas I Medan, Nimrot Sihotang saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (26/3/2024). Ia menyebutkan bahwa saat ini pihaknya juga telah membentuk tim pengawas untuk memberantas pungli di wilayahnya.

“Hoaks itu. Saya tegaskan bahwa rekaman itu tidak benar dan sudah gak zaman lagi seperti itu. Sebab, saat ini kita berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan masyarakat terutama dalam bidang pelayanan berbasis Hak Asasi Manusia (HAM),” tegas Nimrot Sihotang.

Nimrot meminta kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dan tergiring dengan opini atau isu yang belum tentu kebenarannya. Apabila masyarakat ada menemukan dugaan pungli atau hal lainnya yang merugikan, silahkan laporkan.

“Apabila ada masyarakat yang menemukan atau menjadi korban dugaan pungli di Rutan Kelas I Medan, silahkankan laporkan. Kita siap menindaklanjuti dan akan kita tindak tegas perbuatan tersebut apabila terbukti,” ucap Nimrot Sihotang.

Pada kesempatan ini juga, Nimrot Sihotang mengatakan bahwa selain memberikan pelayanan berbasis HAM kepada warga binaan, pihaknya di bulan Ramadhan 1445 H, juga mendukung puluhan warga binaan di Rutan Klas I Medan yang mengikuti pelatihan menjadi seorang Da'i.

“Nantinya, warga binaan yang mendapat pelatihan akan memberikan tausiah kepada warga binaan lainnya,” sebutnya.

Pelatihan menjadi seorang Da'i tersebut, berawal dari diskusi sejumlah warga binaan yang melihat banyaknya kegiatan keagamaan di lingkungan Rutan Kelas I Medan.

“Kita berharap, nantinya apabila warga binaan sudah pulang, mereka punya bekal hidup dan mudah berinteraksi dengan masyarakat, dan mereka tidak mengulangi lagi pidana yang sama,” tandas mantan Karutan Labuhan Deli tersebut.

(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Karutan Nimrot Sihotang: Rekaman Pungli di Rutan Kelas I Medan Hoaks"

Posting Komentar

Pemko Medan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan MTQ ke-57

LensaMedan - Guna menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-57 Kota Medan Tahun 2024 yang berlangsung 11 – 18 Mei di Kecamatan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel