Sofyan Tan Ajak Guru untuk Tetap Semangat Perkenalkan Pancasila

Lensamedan - Anggota MPR RI, Sofyan Tan, menyebutkan, perjalanannya untuk terpilih menjadi anggota MPR merupakan buah dari pengamalan Pancasila yang ia lakukan selama bekerja di masyarakat.

Dimulai dengan membangun sekolah di tahun 1988, Sofyan Tan mewujudkan sila kelima Pancasila dengan memberlakukan subsidi silang dalam memberikan bantuan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu.

"Murid yang bersuku Jawa, Batak atau pun Tamil, saya akan carikan orangtua asuh dari suku Tionghoa, demikian sebaliknya," ujar Sofyan Tan dalam kegiatan sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara, Jumat (23/2/2024).

Tak hanya itu, guru-guru yang mengajar di sekolahnya juga memiliki latar belakang suku, agama dan RAS dan budaya yang berbeda.

Perbedaan latar belakang itu tentunya tidak menjadi penghalang untuk menentukan bekerja sama mendidik murid sehingga menghasilkan murid yang tak hanya unggul di sisi keilmuan, tetapi juga dari sisi budi pekerti.

"Perbedaan latar belakang para pendidik itu harus lebur dalam yang namanya persatuan, dan ini sudah pasti menggambarkan sila ketiga Pancasila," katanya di hadapan para guru-guru dari berbagai sekolah yang ada di Kota Medan dan Deliserdang yang menjadi peserta.

Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari selama puluhan tahun itu disebutkan Politisi PDI Perjuangan ini menjadi modal utamanya saat mendekatkan diri ke masyarakat.

Dan ini terbukti dengan 2 kali  lolos ke senayan, dimana pemilihnya beragam, baik dari suku, mau pun agama.

"Dan akhirnya sila keempat Pancasila pun terwujud. Saya mewakili warga Sumut dari 4 wilayah, yakni Medan, Deliserdang, Serdangbedagai dan Tebingtinggi," tambahnya.

Pada kegiatan yang berlangsung di Aula Bung Karno itu, Sofyan Tan juga mengajak para guru untuk tidak henti-hentinya mengenalkan dan mengingatkan para siswa untuk mengamalkan Pancasila.

"Kita para pendidik sampai kapan pun akan menjadi garda terdepan dalam menjaga pengamalan Pancasila. Jadi tetap semangat," pungkasnya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan Ajak Guru untuk Tetap Semangat Perkenalkan Pancasila"

Posting Komentar

Jelang Berangkat, 249 Cahaj Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

LensaMedan- Jelang keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah, sebanyak 249 jemaah calon haji asal Kabupaten Batu Bara Kloter 11 mengikuti tradisi t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel