Intip Tips Hemat Pengeluaran Saat Momen Imlek Tiba Ala CIMB Niaga


Lensamedan – Perayaan hari besar keagamaan biasanya meningkatkan kebutuhan berbelanja  masyarat, termasuk perayaan Tahun Baru Imlek. Apalagi momen Imlek tersebut identik dengan kegiatan berbagi. 

Meski demikian, kita harus tetap cermat dalam mengelola pengeluaran, jangan sampai euforia transaksi Imlek mengganggu stabilitas keuangan pribadi.

Agar bisa tetap hemat pengeluaran saat Imlek, yuk lakukan tips dari Head of Digital Banking, Branchless & Partnership PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Lusiana Saleh berikut ini. 

1. Siapkan budget untuk kado dan angpao

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menekan pengeluaran Imlek adalah menyiapkan budget yang disesuaikan dengan kemampuan. Umumnya, pemberian angpao ini diambil dari dana kebaikan. Salah satu metode formula budgeting yang direkomendasikan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yaitu menggunakan prinsip 10 persen untuk kebaikan, 20 persen untuk dana tabungan, 30 persen membayar cicilan (jika ada), serta 40 persen membiayai kebutuhan. Dana angpao bisa diambil dari kategori kebaikan, yaitu 10 persen dari pendapatan. 

2. Utamakan memberi angpao ke keluarga & kerabat dekat 

Selanjutnya, prioritaskan memberi angpao kepada keluarga dekat terlebih dahulu, serta tetapkan jumlah untuk setiap orang. Berikan angpao berjumlah besar kepada orang tua dan kepada orang dewasa yang sedang kuliah atau bekerja. Biasanya, mereka lebih membutuhkan dukungan keuangan. 

3.Minimalisir pengeluaran untuk pernak-pernik 

Pernak-pernik memang bisa membuat suasana Imlek semakin meriah dan hangat. Akan tetapi, untuk lebih menghemat pengeluaran, urutkan kebutuhan pernak-pernik sesuai skala prioritas. 

Misalnya, hanya membeli dekorasi khas dan kurangi belanja pernak-pernik dekorasi yang tidak terlalu dibutuhkan, seperti pohon hiasan, petasan, hingga amplop angpao. Sebaliknya, gunakanlah pernak-pernik dekorasi tahun lalu (jika ada). 

4.Maksimalkan transaksi secara online

Tips selanjutnya agar momen Imlek semakin meriah, tanpa harus mengganggu pos keuangan adalah memaksimalkan transaksi digital. 

Misalnya, dengan berbagi uang angpao serta membeli kado secara online. Hal ini bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli amplop fisik ataupun mengeluarkan ongkos lainnya. 

Apalagi menurut Lusi, transaksi digital memiliki banyak kelebihan, karena lebih cepat dan murah dari cara pembayaran lain, serta dapat meminimalkan risiko pencurian karena tidak memerlukan uang tunai/cash. 

“Di momen Imlek ini, nasabah bisa memanfaatkan transaksi digital melalui aplikasi digital banking OCTO Mobile yang memiliki berbagai fitur menguntungkan. Untuk kebutuhan kirim angpao, misalnya, bisa melalui fitur transfer antarbank BI-Fast yang bebas biaya atau top up ke berbagai e-wallet,” kata Lusi.   

Menariknya, OCTO Mobile juga memiliki fitur Seasonal Greetings khas Imlek yang bisa digunakan sebagai ucapan sekaligus bukti transfer untuk dikirimkan melalui berbagai platform, seperti WhatsApp, Telegram, hingga Direct Message Instagram. 

Tentu platform tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagi angpao saat momen Imlek. Sehingga, walaupun tidak diberikan dalam bentuk fisik, berbagi angpao bisa tetap nyaman dan menyenangkan. 

5. Manfaatkan momen diskon & promo saat Imlek 

Terakhir, manfaatkan momen diskon dan promo saat Imlek untuk berbelanja, membeli kado, hingga kebutuhan berlibur.

 “Kami mendorong masyarakat agar bertransaksi secara digital untuk memenuhi kebutuhan Imlek. Selain lebih cepat, transaksi digital juga bisa membuat pengeluaran lebih hemat, terutama jika memanfaatkan berbagai promo dan diskon dari OCTO Mobile,” ujar Lusi. 

Ada beberapa diskon dan promo yang bisa dimanfaatkan pengguna OCTO Mobile selama Imlek, untuk kebutuhan kirim angpao digital misalnya, OCTO Mobile menghadirkan kode promo “BAGIANGPAO” yang bisa digunakan nasabah saat akan melakukan transaksi transfer online ke bank lain, atau top-up Gopay & ShopeePay di OCTO Mobile. 

Dengan menggunakan kode promo tersebut, nasabah bisa mendapatkan hadiah Rp2.500 per transaksi hingga maksimum 3 transaksi/pengguna. Promo ini berlaku hanya pada 10 Februari 2024 dan dimulai pada pukul 10.00 WIB. 

Sedangkan untuk transaksi di internet banking OCTO Clicks, nasabah bisa menggunakan kode promo “MAUANGPAO” saat akan bertransaksi menggunakan fitur transfer online ke bank lain atau isi ulang dompet digital OVO di OCTO Mobile untuk mendapatkan hadiah Rp 2.500 per transaksi (hingga maksimum 3x transaksi). 

Promo hanya berlaku pada tanggal 11 Februari 2024 dimulai pukul 10.00 WIB. Detail dari syarat dan ketentuan promo dapat dengan mudah ditemukan di masing-masing OCTO Mobile dan OCTO Clicks.  

Selain itu, OCTO Mobile juga menghadirkan berbagai promo Imlek yang dapat digunakan nasabah, seperti cashback 50% (maksimum Rp15.000) per transaksi, bagi nasabah yang melakukan pembayaran menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile di beberapa tempat.

Seperti di Event Festival Jajanan Glodok di Mall Artha Gading Jakarta, Garfield x Si Juki Favorite Food di Lippo Mall Puri Jakarta, serta Sam Poo Kong Lunar Festival di Semarang dan Pasar Imlek di Aksara Food Court, Kudus, Jawa Tengah.

Bagi masyarakat yang ingin membuka rekening tabungan melalui OCTO Mobile, hanya perlu mengunduhnya melalui App Store maupun Playstore. Serta dapat melakukan pendaftaran secara online tanpa perlu datang ke kantor cabang. 

“Dengan aplikasi tersebut, nasabah bisa membuka rekening tabungan CIMB Niaga pertama dan melakukan transaksi lainnya. Praktis, semua kebutuhan bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman,” tutup Lusi. (*)



(Jakarta)

Belum ada Komentar untuk "Intip Tips Hemat Pengeluaran Saat Momen Imlek Tiba Ala CIMB Niaga"

Posting Komentar

Pengunjung F1 Powerboat Diajak untuk Manfaatkan Layanan Mudah Aplikasi MyPertamina

 Lensamedan - PT Pertamina (Persero) sebagai official sponsor Kejuaraan Dunia Motor Perahu F1 (F1H2O) menghadirkan booth MyPertamina yang su...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel