Tahun Depan, USU Mulai Terima Mahasiswa Asal China


Lensamedan – Universitas Sumatera Utara (USU) di tahun ajaran 2024 akan mulai menerima mahasiswa asal China.

Nantinya, mahasiswa asal China ini  menurut Rektor USU, Profesor Muryanto Amin akan diterima di Fakultas Teknik. 

“Terkait berapa mahasiswa yang akan kuliah, tentunya itu tergantung dari sana, tetapi kalau dari kita batasannya itu maksimal 10% dari kuota per program studi,” kata Profesor Muryanto saat temu ramah dengan jurnalis alumni USU, Kamis (28/12/2023).

Dikatakan mantan Dekan FISIP USU ini, rencana penerimaan mahasiswa internasional asal China ini sebagai hasil dari kunjungannya ke China pada 6-7 November 2023 lalu. 

Rangkaian kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah dijalin sebelumnya dengan HK Haibin Education Group Limited China. 

Pada kunjungan balasan ini, rektor mengunjungi Yantai Nanshan University (YNU) yang didirikan oleh Nanshan Holding, Shandong Nanshan Aluminium Co., Ltd., yang merupakan industri aluminium terbesar di China.

Selain itu rombongan juga mengunjungi Yantai University (YU) yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri kolaborasi antara Peking University dan Tsinghua University pada  1984. 

“Kami juga melakukan rapat kerja dengan HK Haibin Education Group Limited China yang memiliki jaringan kerja sama yang sangat luas dengan perguruan tinggi di China dan juga secara konsisten telah melaksanakan kemitraan dengan perguruan tinggi ternama di Indonesia,” sebutnya.

Profesor Mury yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Humas Promosi dan Protokoler Amalia Meutia, menambahkan, sebelum dengan China, USU sudah terlebih dahulu menerima mahasiswa asal Malaysia dan India. 

“Dan kita juga sudah ada menerima sekitar 8 mahasiswa asal Australia dan Austria yang mengikuti summer course. Jadi kita terbuka kerja sama dengan negara mana pun. Bukan hanya mahasiswa tetapi juga tenaga pengajar, karena  ini tentunya membawa dampak positif untuk USU,” tandasnya. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Tahun Depan, USU Mulai Terima Mahasiswa Asal China "

Posting Komentar

Ketua Forwakum Sumut Optimis Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris

LensaMedan - Timnas Indonesia U-23 akan memperebutkan tiket ke Olimpiade Paris malam ini. Ketua Forwakum Sumut, Aris Rinaldi Nasution, optim...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel