Tenaga Pendidik Jadi Garda Terdepan Perkenalkan Empat Pilar Kebangsaan ke Generasi Muda


 Lensamedan – Tenaga Pendidik (Tendik) memiliki peran yang sangat besar dalam memperkenalkan Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika terhadap pelajar. 

Hal ini menurut Anggota MPR RI, Sofyan Tan dikarenakan Tendik memiliki masa interaksi yang cukup lama dengan pelajar.

“Karena itu, sudah sepatunya Tendik juga mmemiliki pemahaman yang kuat tentang pentingnyaa Empat Pilar yang dimaksud,” ujarnya di hadapan ratusan Tendik saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Aula Bung Karno Perguruan Sultan Iskandar Muda, Selasa (20/6/2023).

Dikatakan Politisi PDI Perjuangan ini, pemahaman tentang Empat Pilar juga akan memudahkan para Tendik dalam berinteraksi dengan pelajar yang memiliki beragam latar belakang budaya, agama, suku dan juga golongan.

“Apalagi kalau kita mengabdi di sekolah negeri atau sekolah yang tidak berbasis agama,” terangnya. 

Sofyan Tan yang duduk di legislatif mewakili daerah pemilihan Sumut 1 yang meliputi Kota Medan, Deliserdang, Serdangbedagai dan Tebingtinggi ini menambahkan, Negara memandang betapa urgensinya masyarakat di Tanah Air untuk memahami kembali nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar. 

Karenanya melalui UU MD3 mengamanahkan lembaga MPR RI untuk melakukan sosialisasi empat hal penting ini kemudian dilaksanakan MPR RI dengan berbagai metode kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Pemahaman dan implementasi Empat Pilar yang baik oleh generasi muda, akan menjadi benteng dari dampak negatif modernisasi dan perkembangan teknologi yang sangat maju, serta bisa menjadi filter dalam menghadapi tahun politik. Tidak mudah terpengaruh untuk saling berkonflik karena beda pilihan," tutur Sofyan Tan.

Untuk itu, sambungnya, menjadi sangat penting bagi generasi muda khususnya pelajar Indonesia era kekinian untuk semangat dan serius berupaya memahami dan mengimplementasikan Empat Pilar tersebut, salah satunya mengikuti  Sosialisasi Empat Pilar yang digencarkan MPR RI sesuai amanah UU No.17 Tahun 2014.

“Dan untuk menanamkan pemahaman ini di pikiran para pelajar menjadi tugas utama anda semua selaku tendik,” pungkasnya. (*)



(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Tenaga Pendidik Jadi Garda Terdepan Perkenalkan Empat Pilar Kebangsaan ke Generasi Muda"

Posting Komentar

Pelaku UMKM Raup Omzet Dua Kali Lipat Selama MTQ Kota Medan

LensaMedan - Ramainya pengunjung yang ingin menyaksikan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 57 kota Medan tahun 2024 membawa keberkahan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel