1.000 Karya Inovatif Hadir di STEAM Expo 2023 Sampoerna Academy


Lensamedan - Sampoerna Academy, sekolah pelopor STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) di Indonesia menunjukkan komitmennya menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dan pendekatan pembelajaran inovatif dengan kembali mempersembahkan STEAM Expo 2023. Acara ini  dijadikan sebagai platform lahirnya para inovator muda, problem solver, serta calon pemimpin masa depan yang berpikir kritis dan kreatif.

Penerapan metode STEAM di Sampoerna Academy dirancang untuk memperkuat lima komponen penting siswa yang disebut 5C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration, and Character). 

Pendekatan STEAM mengintegrasikan pemikiran dan praktek yang sangat efektif dan efisien dalam membantu siswa tetap fokus dan terlibat pada sepanjang sesi. 

Melalui pembelajaran STEAM, peserta didik juga memiliki pemahaman lebih holistik serta dapat langsung menerapkannya pada masalah-masalah yang berorientasi pada kehidupan nyata.

Principal of Sampoerna Academy Medan, Mary Jane Luyon-Fajardo, menyatakan bahwa Sampoerna Academy memberikan wadah bagi para siswa untuk menunjukkan perkembangan belajar serta menumbuhkan semangat dan motivasi belajar mereka sejak dini melalui STEAM Expo. 

“Program ini sejalan dengan komitmen Sampoerna Academy untuk terus mengakselerasi terciptanya pemimpin masa depan yang berpikir kritis dan problem solver. Selama proses pembuatan proyek, para guru selalu memberikan bimbingan dan konsultasi serta mengawasi dan menantang para siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang menggugah pemikiran mereka. Pendekatan ini dapat merangsang pemahaman holistik dan pemikiran kritis, yang menjadi bukti efektivitas pendekatan STEAM dalam mengembangkan kompetensi peserta didik,” ungkap Mary Jane.

Tahun ini, STEAM Expo serentak diadakan di seluruh sekolah Sampoerna Academy Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya,dan Medan pada tanggal 2-4 Maret 2023 dengan total lebih dari 1.000 karya. 

Untuk Sampoerna Academy Medan sendiri terdapat 321 karya yang didaftarkan dengan beberapa highlight proyek yang dapat dilihat di Sampoerna Academy Medan Citra, meliputi Mini Plane Engine, Solar Panel Robot, DIY Claw Machine, Math Board Game, Solar Powered Plant Watered, Upcycling Tote Bag, RFID Smart Lock dan lainnya.

Membedakan gelaran tahun ini dengan sebelumnya adalah Sampoerna Academy pertama kalinya menghadirkan STEAM INTER-SCHOOL COMPETITION 2023 yang diselenggarakan di Sampoerna Academy Medan Citra dengan tema “Build, Create, & Innovate”. 

Acara ini diadakan sebagai upaya Sampoerna Academy untuk membuka kesempatan bagi siswa dari sekolah lain untuk menciptakan, berkreasi, dan mempresentasikan inovasi terkait topik yang mereka minati melalui karya atau proyek dengan pendekatan STEAM.

Sampoerna Academy  berharap acara ini sebagai awal monumental bagi semua peserta didik untuk menunjukkan nilai-nilai IGNITE (Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, & Excellence).

“Selain itu, kami juga berharap STEAM Expo 2023 akan memberikan pengalaman belajar yang luar biasa, baik bagi siswa, orang tua, hingga masyarakat umum. Kami juga berharap acara ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi anak-anak dan remaja untuk bisa menjadi inovator muda yang mampu berpikir kritis dan menciptakan masa depan yang lebih baik,” tutup Mary Jane. (*)


(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "1.000 Karya Inovatif Hadir di STEAM Expo 2023 Sampoerna Academy "

Posting Komentar

Eid Adha 1445 H, Masjid Maulana Kampung Kedah Sembelih Dua Ekor Hewan Qurban

LensaMedan - Panitia qurban Masjid Maulana Kampung Kedah Lingkungan VII kelurahan Labuhan, kecamatan Talawi, kabupaten Batu Bara menyembelih...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel