Sampaikan Bela Sungkawa, Sofyan Tan Panjatkan Doa atas Wafatnya Y.M Jinadhammo Mahathera


Lensamedan - Tokoh Pembauran Sumatera Utara (Sumut), dr Sofyan Tan, menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam atas wafatnya Bhikkhu Jinadhammo Mahathera yang akrab dipanggil Bhante Jin atau Eyang.

Ketika melayat ke Wihara Borobudur,Jalan Iman Bonjol Medan, Sabtu (28/1/2023), Sofyan Tan terlihat memanjatkan doa sembari mengatupkan kedua belah telapak tangannya selama beberapa menit dan memberi penghormatan kepada  jasad yang saat ini masih disemayamkan di lantai 1.

Saat berbincang dengan sejumlah pengurus vihara dan pelayat, Sofyan Tan bercerita awal mula bertemu dan bersahabat dengan Eyang. 

“Dulu kami bersama-sama menyebarkan agama Budha di Sunggal. Saya berusia 22 tahun, bersama Eyang yang datang naik sepeda, kami mengajarkan agama Budha yang sebenarnya,” kata Sofyan Tan yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI. 

Menurut Sofyan, sosok Eyang merupakan sosok yang sangat sederhana dan mengayomi serta selalu memberikan nasihat. Karena itu, ia merasakan kehilangan yang sangat luar biasa. 

“Ketika saya disumpah sebagai dokter, Bhante juga yang mendampingi,”ujarnya. 

Menurutnya, semangat perjuangan dan pengabdian Eyang yang tinggi telah memberikan sumbangsih terbaik bagi Nusa Bangsa dan Negara dalam upaya mengembangkan Gunadharma di Tanah Air.

Seperti diketahui Y.M. Jinadhammo, Mahathera merupakan biksu paling senior di Indonesia. Beliau wafat pada hari Kamis, 26 Januari 2023 pukul 04.00 WIB di Medan. 

Meskipun Eyang ditahbiskan dalam tradisi Therawada, rangkaian Puja untuk mengantar kepergian Beliau digelar di Wihara Borobudur Medan dengan tiga tradisi secara bergantian, yaitu Therawada, Mahayana, dan Wajrayana.

Hingga akhir hayatnya, Bhante Jinadhammo sangat menjunjung semangat non sektarian. Mahanayaka Sangha Agung Indonesia/SAGIN (Tahun 2017–2022) dan Anggota Dewan Upajjhaya dan Acariya SAGIN (Tahun 2007–sekarang) ini.

Beliau senantiasa aktif membantu pengembangan agama Buddha di wihara-wihara dengan berbagai tradisi.

Sebanding dengan seberapa lama Beliau mengabdi, Bhante Jinadhammo juga merupakan biksu dengan masa Vassa terbanyak di Indonesia dan telah berjasa besar bagi perkembangan agama Buddha di Indonesia. 

Dengan tuntunan langsung dari pelopor kebangkitan Buddhadharma Nusantara, Y.A. MNS Ashin Jinarakkhita, Bhante Jinadhammo berjuang amat giat membina umat di Riau, Sumatra Utara, Sumatra Barat dan Aceh.

Selain itu Bhante Jinadhammo juga banyak menggelar program pelatihan untuk umat Buddha seperti Latih Diri Vipassana Bhavana rutin, Pekan Penghayatan Dharma, dan Latih Diri Atthangasila/Pabbaja  Samanera-Samaneri.

Beliau juga menggagas pendirian Institut Agama Buddha Smaratungga Cabang Medan yang sekarang dikenal dengan nama resmi Sekolah Tinggi Agama Buddha Bodhi Dharma. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Sampaikan Bela Sungkawa, Sofyan Tan Panjatkan Doa atas Wafatnya Y.M Jinadhammo Mahathera"

Posting Komentar

Presiden Jokowi Resmikan Rekonstruksi 147 Bangunan Pascagempa di Sulawesi Barat

 Lensamedan - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan yang terdampak bencana gempa bumi yang mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel