Daftar Sebagai Calon DPD, Abdon Nababan: Saya Ingin Beri Warna Baru


Lensamedan – Berkecimpung di dunia aktivis selama 30 tahun menjadikan Abdon Nababan memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat. Apalagi Abdon fokus melakukan pendampingan terhadap komunitas masyarakat adat lewat lembaga Aliansi Masyarakat Adat Nasional (AMAN), disamping mendampingi petani dan nelayan. 

Hubungan yang baik itu lantas mendorong masyarakat dampingan menugaskan Abdon Nababan menjadi calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Utara (Sumut) pada Pemilu 2024 mendatang. 

Penugasan itu ditunjukkan dengan didaftarkannya Abdon Nababan sebagai calon DPD ke KPU Sumut, Kamis (29/12/2022). Dari 7.000 KTP yang berhasil dikumpulkan, yang terseleksi di sistem SILON KPU yang valid memenuhi syarat sebanyak 3.036 KTP dan tandatangan.

“Saya mendapat penugasan dari 20 wilayah AMAN, sehingga saya tidak bisa menolak,” ujar Abdon saat dihubungi. 

Dikatakan Abdon, keikutsertaannya dalam kontestasi pemilu lewat jalur DPD, diharapkan bisa membawa warna baru dalam peranan DPD sebagai senator yang benar-benar bertugas mewakili masyarakat, dan bisa lebih berjarak dari kepentingan pragmatisme politik yang ada di partai politik. 

“Persoalannya kan secara hukum, kewenangan DPD kan lemah, sehingga dibutuhkan satu cara pengorganisasian baru untuk menghadirkan rakyat di DPD. Nah ini yang sebenarnya mau saya tawarkan. Karena selama ini, DPD yang terpilih mengekspresikan dirinya untuk kepentingan daerah,” kata Abdon. 

Abdon menginginkan, keikutsertaannya dalam kontestasi politik di 2024 mendatang lewat jalur DPD memiliki tujuan agar apatisme masyarakat terhadap politik bisa ditekan karena akan membahayakan kehidupan bernegara. 

Selain itu kata Abdon, ada keinginannya untuk menyelamatkan DPD dari hegemoni partai politik, karena saat ini banyak partai politik yang mendorong kadernya untuk menjadi calon DPD. 

“Tidak ada jalan lain untuk memperbaiki negeri ini kalau tidak lewat politik. Karena seluruh keputusan atau kebijakan public kan diambil lewat proses politik. Jadi menurut saya jangan sampai kita semua apatis,” terangnya.

Secara terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, Herdensi Adnin, menyebutkan, hingga batas akhir penyerahan dukungan minimal dan sebaran bakal calon DPD pada Kamis kemarin, tercatat ada 30 bakal calon yang berkasnya diterima. 

“Dari 30 bakal calon tersebut, 27 berkas memiliki status diterima, sedangkan 3 berkas lainnya dikembalikan,” katanya, Jumat (30/12/2022). 

Dari daftar tersebut, terlihat nama bakal calon DPD yang berstatus incumbent, yakni Badikenita Sitepu yang melampirkan 5.498 dukungan dari 33 kabupaten/kota, Dedi Iskandar Batubara yang mendapatkan 8.819 dukungan dari 32 kabupaten/kota. Kemudian Muhammad Nuh dengan jumlah dukungan sebanyak 8.001 KTP dari 33 kabupaten/kota. 

Disamping itu, juga terlihat mantan anggota DPD Parlindungan Purba yang melampirkan 4.513 KTP dari 32 kabupaten/kota dan juga mantan Wali Kota Medan Abdillah yang mengajukan 3.780 KTP dari 20 kabupaten/kota. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Daftar Sebagai Calon DPD, Abdon Nababan: Saya Ingin Beri Warna Baru "

Posting Komentar

Nurni Sulaiman, Taekwondoin Perempuan Pertama di Sumut Pemegang DAN V Internasional

 Lensamedan - Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah, mengapresiasi prestasi Nurni Sulaiman sebagai s...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel