Nawal Lubis Ajak Masyarakat Jadikan Olahraga Sebagai Gaya Hidup Sehat


Lensamedan - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut), Nawal Lubis, selaku Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Sumut, mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup sehat. Sebab olahraga dan kesehatan selalu berbanding lurus.

Hal itu diungkapkan Nawal Lubis pada acara Indonesia Heart Bike 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Minggu (25/9/2022).

Hadir di antaranya Ketua Hubungan Pusat dan Daerah Yayasan Jantung Indonesia Indaryanto, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief Trinugroho, Kepala Dinas Kesehatan Ismail Lubis, serta puluhan komunitas pesepeda.

Sebelumnya, Nawal Lubis beserta ratusan pesepeda yang dilepas oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, antusias mengikuti gowes bersama dimulai dari pintu gerbang Rumah Dinas Gubernur sejauh 10 km.

Sementara puluhan pesepeda lainnya, mengambil rute 20km  sebelum kembali ke Rumah Dinas Gubernur untuk mengikuti acara senam Jantung Sehat bersama.

Saat memberikan sambutan pada acara Indonesia Heart Bike, Nawal Lubis mengapresiasi kegiatan bersepeda dan senam bersama sebagai upaya untuk menguatkan sekaligus menyehatkan jantung.

Dengan aktivitas rutin berolahraga, masyarakat akan mendapatkan manfaat kesehatan, apalagi jika dilakukan bersama dengan penuh semangat dan suasana ceria.

“Luar biasa, tadi kita sudah bersepeda bersama-sama. Ada yang menempuh jarak 20 kilometer, ada yang 10 kilometer. Kita memang orang-orang sehat. Maka, jadikan olahraga sebagai gaya hidup kita, sehingga kita bisa dapat sehat semuanya,” kata Nawal Lubis.

Nawal Lubis pun menyampaikan apresiasi atas antusias para pesepeda dari berbagai komunitas yang telah mendukung suksesnya acara Indonesia Heart Bike, yang digelar di beberapa provinsi secara serentak, termasuk Sumut.

“Semoga acara ini juga dapat membuat kita sehat, jantung kita sehat, sehingga kita bisa hidup lebih berkualitas karena selalu berolahraga,” pungkasnya.

Sementara Ketua Hubungan Pusat dan Daerah Yayasan Jantung Indonesia Indaryanto mengatakan bahwa acara Indonesia Heart Bike mendapat perhatian yang besar dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, serta didukung penuh oleh YJI Cabang Sumut, dimana Nawal Lubis menjabat sebagai Ketua.

Sebelumnya, acara serupa juga berlangsung di kota lainnya seperti Makassar (Sulsel), Denpasar (Bali) dan Malang (Jatim) pada 18 September 2022 lalu. Dan kali ini, digelar kembali secara serentak di Kota Medan (Sumut), Jakarta (DKI), Semarang (Jateng), Surabaya (Jatim) dan Bandung (Jabar).

“Sebagaimana kita tahu bahwa olahraga dan kesehatan itu benar-benar seperti mata rantai yang tidak dapat dipisahkan. YJI dalam hal ini, ingin ikut serta dengan cara melakukan kegiatan seperti ini, dengan harapan akan semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa dengan berolahraga, akan berdampak baik bagi kesehatan jantung, dan mengurangi resiko serangan jantung,” jelas Indaryanto.

Disampaikan juga, visi misi YJI adalah sebagai pelopor gaya hidup sehat, dimana dirinya meyakini bahwa masyarakat yang gemar berolahraga sudah menyosialisasikan panca usaha dari hidup sehat, yaitu terdiri dari S-E-H-A dan T.

“Dimana ‘S’ adalah seimbang gizi. ‘E’-nya, enyahkan rokok, ‘H’-nya, hadapi dan atasi stress, ‘A’, awasi tekanan darah dan ‘T’ teratur berolahraga. Itu adalah panca jantung sehat yang selalu kita sosialisasikan,” sebutnya.

Kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan bazar kesehatan dan kuliner di pelataran Aula Tengku Rizal Nurdin serta hiburan menyanyi bersama. Dan berakhir dengan pembagian hadiah bagi peserta Indonesia Heart Bike. (*)

(Medan)
 

Belum ada Komentar untuk "Nawal Lubis Ajak Masyarakat Jadikan Olahraga Sebagai Gaya Hidup Sehat"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel