Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Harganas 2022


Lensamedan - Pemerintah Kota (Pemko) Medan menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29.

Presiden Joko Widodo rencananya akan hadir langsung dalam perhelatan yang digelar secara luring dan daring dan diikuti sekitar 105 ribu orang pada puncak acara Rabu (29/6/2022) mendatang.

Kesiapan penyelenggaraan Harganas ke 29 itu disampaikan oleh Sekretaris Kota Medan Wiriya Alrahman dalam rapat koordinasi persiapan Harganas di kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

“Kota Medan siap menyelenggarakan Hari Keluarga Nasional ke 29,” kata Wiriya dalam rapat yang dihadiri kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo dan dipimpin Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, Nopian Andusti serta perwakilan dari Kementerian, Lembaga Negara dan mitra.

Menurut Wiriya, puncak rangkaian acara Harganas diselenggarakan di Lapangan Merdeka.

Rangkaian Harganas ke 29 juga akan diisi bedah rumah dan pemberian makanan tambahan untuk bayi stunting dan keluarga berisiko stunting, serta Bapak Asuh bagi anak-anak stunting.

Kegiatan bedah rumah rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Belawan dan Kabupaten Deliserdang.

“Kami telah persiapkan dengan baik, termasuk rute dan tempat-tempat penginapan para peserta. Apalagi Bapak Presiden akan hadir langsung dalam kegiatan ini,” kata Wiriya.

Lebih jauh Wiriya mengatakan berbarengan dengan Harganas, Kota Medan juga menyelenggarakan dua event besar lainnya yakni Peringatan Hari Ulang Tahun ke 432 Kota Medan pada 1 Juli 2022 yang akan diisi dengan senam massal yang diikuti ribuan orang.
“Senam massal ini targetnya akan memecahkan rekor MURI,” kata dia.

Selain itu, pada 30 Juni 2022, Wiriya mengatakan Pemkot Medan juga menjadi tuan rumah pertemuan Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) komisariat wilayah I Sumatera.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga telah memberi dukungan agar Harganas ini bisa diselanggarakan dengan baik. Dinas-dinas di Pemkot Medan juga telah berupaya untuk menyukseskan kegiatan Harganas,” tambahnya.

Sementara itu, dalam arahannya, Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, mengatakan, penyelenggaraan kegiatan Harganas di Kota Medan harus memiliki nilai yang berbeda, meskipun targetnya adalah penurunan stunting.

“Penyelenggaraan Harganas di Kota Medan harus punya nilai yang berbeda. Targetnya adalah penurunan stunting,” kata Hasto.

Karena itu Hasto menyambut baik rencana bedah rumah di pesisir Provinsi Sumatera Utara.
“Bedah rumah untuk keluarga stunting ini bisa menjadikan hal yang unik atau berbeda dan mampu menurunkan stunting,” ujar Hasto.

Hasto menyebutkan beberapa hal yang menjadi alasan Kota Medan di Provinsi Sumatera Utara ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Harganas.

Salah satunya, kegiatan Harganas berkaitan dengan upaya menurunkan stunting.
“Provinsi Sumatera Utara masuk dalam 12 provinsi dengan angka prevalensi stunting tertinggi yakni 25,8%. Jadi dengan menjadi penyelenggara maka target penurunan stunting harus bisa dicapai,” tegas Hasto.

Harganas ke-29 tahun 2022 mengusung tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”.

Ada empat kegiatan unggulan yang telah diusung BKKBN dalam acara tersebut, yakni Bapak Asuh Anak Stunting, Sepekan Elsimil, Semarak Kampung KB, dan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA).  (*)


(Jakarta)

Belum ada Komentar untuk "Kota Medan Siap Jadi Tuan Rumah Harganas 2022"

Posting Komentar

Sekdaprov Sumut Serahkan Bantuan ke Sejumlah Panti Asuhan

Lensamedan – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho mengunjungi sejumlah Panti Asuhan. Dalam kunjungan yang digelar...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel