Bupati Zahir Hadiri Gebyar IVA Test Deteksi Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim

Foto : Bupati Zahir Hadiri Gebyar IVA Test Deteksi Dini Kanker.

Lensamedan -

Bupati Batu Bara, Ir H Zahir MAP menghadiri Gebyar IVA Test Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB), di Puskesmas Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Kamis (02/06/2022).

Kegiatan  gebyar IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Test adalah kegiatan untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim. IVA test adalah cara mudah, murah dan cepat dalam mendeteksi secara dini kanker serviks, karena hasilnya langsung bisa diketahui apakah seseorang hasilnya positif atau  negatif, bagi yang positif akan dilakukan tindakan krioterapi.

Sementara itu, Bupati Zahir mengatakan bahwa perkembangan kasus kanker yang diderita para ibu dan wanita usia subur saat ini sangat mengkhawatirkan dan berdampak pada aspek sosial dan kesehatan masyarakat sehingga perlu dilakukan pemeriksaan dini.

“Ibu-ibu perlu melakukan mendeteksi dini kanker payudara dan kanker serviks dengan melakukan IVA Test. Ini sebagai antisipasi serta tindakan yang cepat dan tepat. Jadi, kalau ditemukan pada stadium dini maka peluang sembuh akan lebih besar,” ungkap Bupati Zahir.

Bupati Zahir berharap tujuan gebyar IVA Test dapat terwujud dengan adanya koordinasi, sinergitas dan dilakukan bersama-sama, sehingga kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Batu Bara dapat meningkat.

Reporter : Reza.

Belum ada Komentar untuk "Bupati Zahir Hadiri Gebyar IVA Test Deteksi Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim"

Posting Komentar

Wujudkan Kepala Sekolah Berkompeten, Dinas Pendidikan Medan Gelar Assessment Bagi Calon Kepsek

Lensamedan - Guna mewujudkan Kepala Sekolah yang berkompeten, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kota Medan menggelar Assessment bagi calo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel