Geledah Kapal Berbendera Singapura, TNI AL Temukan 34 Kontainer Berisi Bahan Pembuat Minyak Goreng


Lensamedan - TNI Angkatan Laut (AL) menangkap kapal  MV Mathu Bhum, saat berlayar dari Pelabuhan Belawan menuju Pelabuhan Port Klang, Malaysia Kamis (5/5/2022). 

Kapal  berbendera  Singapura tersebut ditemukan mengangkut 34 kontainer berisi Refined, Bleached, Deodorized (RBD) Palm Olein yang merupakan bahan untuk membuat minyak goreng. 

Panglima Komanda Armada (Pangkoarmada) RI, Laksamana Madya Agung Prasetiawa, mengatakan, penangkapan tersebut mereka lakukan setelah menindaklanjuti informasi terkait aktivitas kapal tersebut.

"Penangkapan ini diawali dengan informasi dari intelijen pangkalan yaitu Danlantamal I Belawan yang ditindaklanjuti oleh unsur-unsur Koarmada I dan KRI di bawah kendali Buskamla Armada I," kata Agung saat konpresi pres di Pelabuhan Terminal Petikemas (PTP) Belawan, Jumat (6/5/2022).

Diterangkannya, kegiatan penghentian dan penyelidikan kapal tersebut dilaksanakan pada Rabu (4/4/2022) pukul 12.00 WIB di perairan Belawan. Operasi ini mereka lakukan mengingat adanya instruksi dari Presiden Joko Widodo yang melarang ekspor minyak goreng dan CPO turunan yang disinyalir menjadi penyebab kelangkaan minyak goreng di dalam negeri.

"Sebagaimana kemudian diterbitkan juga Permendag no 22 tahun 2022 tentang pelarangan sementara ekspor CPO dan turunannya," ucapnya.

Laksamana Agung memastikan, setiap hari TNI AL akan selalu intensif melakukan operasi penegakan hukum di laut, 

"Armada I, II, dan III, terus melaksanakan operasi tersebut," tutupnya. (*)


(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Geledah Kapal Berbendera Singapura, TNI AL Temukan 34 Kontainer Berisi Bahan Pembuat Minyak Goreng "

Posting Komentar

Peringatan Harkitnas 2022 di Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi Sebut Momentum Bangkitkan Perekonomian

Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang d...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel