Tinjau Pusat Pasar, Wali Kota Medan Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

Lensamedan - Menjelang hari Raya Idul Fitri 1443 H, sejumlah kebutuhan bahan pokok di Kota Medan mulai naik dipasaran. Meskipun harganya naik, semua bahan pokok tersebut dipastikan stoknya aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Kota Medan dihari lebaran bahkan stoknya aman untuk dua bulan mendatang.

Kenaikan sejumlah harga bahan pokok ini diketahui ketika Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu melakukan peninjauan ke Pusat Pasar Medan, Rabu (26/5). Bahan pokok yang naik mulai dari Daging Sapi, Ayam Potong,telur, bawang merah dan tomat. Sedangkan kebutuhan pokok lainnya harganya sampai dengan saat ini masih normal.

Untuk harga kebutuhan pokok lainnya normal seperti bawang merah diharga Rp 35 ribu per kilogram, cabe merah Rp 30 ribu per kilogram, cabe rawit Rp 25 ribu perkilogram dan bawang putih Rp 25 ribu perkilogram. Sedangkan Beras IR satu kilogram harganya juga masih normal bekisar Rp 12 ribu per kilogram.

Dikatakan Bobby Nasution, jelang lebaran terdapat kenaikan sedikit  harga kebutuhan pokok di kota Medan. Seperti daging sapi dan ayam potong yang naiknya cukup tinggi, dimana untuk ayam potong naik sekitar Rp 4 ribu rupiah per kilogram dari Rp 32 ribu per kilogram menjadi Rp 37 ribu per kilogram dan daging sapi naik Rp 20 ribu rupiah per kilogram dari Rp 110 ribu per kilogram menjadi Rp 140 ribu per kilogram.

Bobby Nasution menambahkan, kenaikan harga ayam potong ini bukan karena stoknya yang berkurang atau tidak ada. Namun karena harga pakan ayam yang mengalami kenaikkan sehingga berdampak dengan harga jual ayam potong.

"Stok kebutuhan pokok di Medan jelang lebaran ini aman, bahkan sampai dua bulan kedepan juga masih aman," kata Bobby Nasution sembari mengungkapkan untuk  minyak goreng ketersediaannya masih aman dimana minyak curah masih berada di harga Rp 15.500 per liternya.

Guna menjamin kebutuhan pokok  aman dikonsumsi, Bobby Nasution yang hadir didampingi sejumlah OPD diantaranya Kadis Ketapang Emilia Lubis, Kadis Perdagangan Damikrot dan Kadis Kominfo Arrahmaan Pane menjelaskan bahwa Pemko Medan berkolaborasi dengan BPPOM melakukan pemeriksaan laboratorium makanan yang dijual pedagang mulai dari kerupuk sampai ikan sale. "Beberapa jenis makanan yang ada juga kita lakukan pengecekan bekerjasama dengan BPPOM, guna memastikan aman dikonsumsi oleh masyarakat," jelas Bobby Nasution.

Bobby Nasution juga menjelaskan dalam peninjauan ini sejumlah pedagang masih mengeluhkan permasalahan yang sama tentang Pasar. Tentunya ini menjadi perhatian PUD Pasar agar dapat segera memperbaiki fasilitas yang dikeluhkan pedagang.

"Terkait dengan keluhan pedagang Nanti akan kita pindahkan, kalaupun memang dipindahkan kita siapkan dulu tempatnya karena ini menyangkut masyarakat kita pedagang kita, gak bisa sembarangan juga. Karena ini bukan baru sekarang, sudah bertahun-tahun mereka berada di titik yang tidak seharusnya," ujar Bobby Nasution.

Kehadiran Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu meninjau pasar dimanfaatkan pedagang untuk menyampaikan keluhannya. Seperti Agus pedagang daging sapi yang mengeluhkan tingginya harga daging khususnya daging impor. Dimana daging impor yang merupakan program Presiden Jokowi itu saat ini sudah tidak ada lagi yang harganya Rp 80 ribu rupiah per kilogram. Selain itu memperoleh daging tersebut susah, tidak ada lagi di di Bulog melainkan di swasta dengan harga yang cukup tinggi.

"Kami menyampaikan keluhan ini ke Pak Wali semoga bisa disampaikan ke pak Presiden agar harga daging sapi kembali turun," katanya sembari mengaku bangga karena ibu Wali Kota Ny Kahiyang membeli daging jualannya.

Usai meninjau pusat pasar, Wali Kota Medan didampingi Unsur Forkopimda diantara Kapolresta Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda dan Dandim 0201/Medan Kol Ferry Muzawwad melakukan peninjauan ke Pasar modern Transmart Carrefour di jalan Gatot Subroto Medan. Kunjungan ini memastikan tidak ada makanan dan minuman yang kadaluarsa maupun yang kemasannya rusak.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Tinjau Pusat Pasar, Wali Kota Medan Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran"

Posting Komentar

Ukir Sejarah, Yayasan Pendidikan Islamiyah Al Amin Juara Umum Porsadin se Kecamatan Medan Deli

Lensamedan - Santriwan-Santriwati Yayasan Pendidikan Islamiyah Al Amin raih predikat juara umum dalam kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel