Korut Ancam akan Luncurkan Rudal Nuklir, Harga Emas Kembali Naik


Lensamedan - Harga emas dunia mengalami kenaikan yang cukup tajam belakangan ini. Harga emas seakan melawan pergerakan mata uang US Dolar, yang tengah menyebar ancaman karena suku bunga acuannya berpeluang naik. 

Harga emas saat ini dijual di kisaran harga US$1.957 per ons troy nya, setelah di akhir pekan dijual di kisaran US$1.930 per ons troy.

Pemerhati ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, kenaikan harga emas saat ini dipicu oleh semakin memburuknya perang Rusia – Ukraina. 

Banyak pihak yang menilai bahwa perang antara Rusia – Ukraina eskalasinya akan meningkat nantinya. Sementara itu, kondisi kian memburuk seiring dengan ancaman Korea Utara yang akan meluncurkan rudal nuklirnya di pekan ini.

Kabar tersebut sontak membuat pelaku pasar kuatir karena belum usai perang Rusia – Ukraina, Korea Utara justru menunjukan sikap agresif ke Negara tetangganya korea selatan. 

“Kabar peluncuran rudal nuklir ini menambah hubungan geopolitik banyak negara memanas, sehingga hal tersebut membuat harga emas belakangan mengalami kenaikan,” ujar Gunawan Benjamin di Medan, Senin (11/4/2022).

Padahal sebelumnya kata Gunawan, emas sempat tertekan seiring dengan ekspektasi kenaikan bunga acuan di AS. Bahkan sinyalemen kenaikan bunga acuan saat ini jauh lebih berasa, setelah rapat FOMC Bank Setral AS pada pekan kemarin. Rapat tersebut memberikan indikasi kuat bahwa bukan hanya kenaikan suku bunga acuan secara agresif dalam waktu dekat.

The FED atau bank sentral AS sendiri juga mengurangi neraca (balance sheet) dalam nilai yang sangat signifikan. Ini artinya likuiditas US Dolar akan dikurangi di pasar. 

“Dan seharusnya bisa menjadi kabar bagi penguatan US Dolar atau penurunan harga emas, namun nyatanya harga emas justru mengalami kenaikan yang signifikan belakangan ini,” sebutnya.

Jadi memang perang yang kian memburuk ini menjadi pendorong penguatan harga emas. Saat ini harga emas di kisaran Rp907 ribu per gram. Berarti harga emas di toko atau butik sudah mendekati Rp1 juta per gramnya. Bukan tidak mungkin nanti menembus harga Rp1 juta per gram. 

Terlebih Negara tetangga Rusia yakni Finlandia dan Swedia berencana masuk ke dalam NATO. (*)


(Medan) 




Belum ada Komentar untuk "Korut Ancam akan Luncurkan Rudal Nuklir, Harga Emas Kembali Naik"

Posting Komentar

Pemko Medan Gelar Rapat Koordinasi Persiapan MTQ ke-57

LensaMedan - Guna menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-57 Kota Medan Tahun 2024 yang berlangsung 11 – 18 Mei di Kecamatan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel