3.126 Mahasiswa dari 108 Perguruan Tinggi Siap Bertanding di PIMNAS ke-34 USU

Lensamedan - Sebanyak 3.126 mahasiswa yang tergabung dalam 735 tim dari 108 perguruan tinggi se Indonesia siap bertanding dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 Universitas Sumatera Utara (USU) yang akan digelar secara hybrid, 27-28 Oktober 2021.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si mengatakan, ajang PIMNAS merupakan suatu ajang perlombaan untuk menemukan mahasiswa-mahasiswa berprestasi dengan inovasi-inovasi ilmiah.

“PIMNAS ini merupakan salah satu agenda dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di bawah lembaga yang namanya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Pada tahun ini, kami sudah menggelar 18 perlombaan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai mahasiswa, PIMNAS ini salah satu yang terbesar,” ujar Asep dalam konfrensi pers PIMNAS Ke-34 USU didampingi Rektor USU Dr Muryanto Amin dan Wakil Rektor I yang juga Ketua Umum PIMNAS USU Dr Edy Ikhsan, MA, Selasa (26/10/2021).

Asep menjelaskan, program perlombaan mulai dari tingkat SD sampai mahasiswa merupakan katalis untuk menjaga semangat belajar anak-anak Indonesia. Karenanya, meski di tengah pandemi, program perlombaan ini tetap dijalakan dengan mekanisme hybrid.

“Kami mengapresiasi penuh pihak USU yang menjadi tuan rumah dengan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan acara PIMNAS dan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar sampai nanti penutupan,” ujarnya.

Ia menegaskan, pihaknya saat ini telah merancang skema database dan pemetaan dari para peserta PIMNAS untuk kemudian mereka yang berhasil menjadi juara karyanya akan diakurasi dan ditindaklanjuti untuk proses hilirisasi.

“Puspresnas terus berkoordinasi dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendukung riset dan inovasi dari siswa dan mahasiswa yang berhasil menjuarai ajang perlombaan dari Puspresnas,” katanya. 

Dijelaskan Asep, dalam pemetaan yang dilakukan, pihaknya telah membagi ajang perlombaan dalam empat kluster. Kluster pertama adalah sains dan teknologi, kluster kedua seni dan budaya, kluster ketiga vokasi dan manajemen serta kluster keempat kluster olahraga.

“Dengan pemetaan kluster-kluster ini kita bisa melihat dari 3.126 mahasiswa yang bertanding ini kuatnya di mana, apa keunggulannya dan apa yang harus dilakukan untuk mendukung hasil riset mereka. Ini yang sedang kami bangun dan coba lakukan, karenanya kami terus berkolaborasi dengan perguruan tinggi, BRIN dan sekolah,” terangnya.

Rektor USU Dr Muryanto Amin menjelaskan, USU telah berupaya semaksimal mungkin untuk menggelar pelaksanaan PIMNAS Ke-34. Mulai dari fasilitas, kemampuan dan kapasitas internet, daya listrik, promosi dan akomodasi. 

Rektor beharap semua fasilitas yang disediakan USU mampu menunjang perlombaan mahasiswa dengan sebaik-baiknya dengan asas sportivitas. 

“Kepada awak media juga diberikan ruang khusus untuk memantau jalannya lomba dan proses penjurian sehingga apabila terjadi kecurangan bisa langsung terekam dan diproses,” ujarnya.

Mury berharap ajang PIMNAS ke-34 di USU mampu melahirkan talenta-talenta muda berprestasi dengan karya-karya yang mampu menjawab persoalan di tengah masyarakat. “Semoga ajang dari PIMNAS ini bisa berkontribusi untuk membangun bangsa dan negara,” katanya.

Ketua Umum PIMNAS Ke-34 USU, Dr Edy Ikhsan, MA menambahkan, kegiatan PIMNAS pada tahun ini memperlombakan sembilan kategori. 

“Yakni  PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Kewirausahaan, PKM-Karsa Cipta, PKM-Karya Inovatif, PKM-Penerapan Iptek, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Riset Sains dan PKM-Riset Sosial,” ujarnya. 

Edy mengatakan peserta perlombaan hadir melalui dalam jaringan (daring) yang fasilitasnya terpusat di dua tempat dengan 35 kelas. 18 di Fakultas Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, sementara 17 kelas ada di Fakultas Kedokteran Gigi.

“Juri nasional yang sudah hadir secara luar jaringan dan sudah berada di Medan yakni ada 98 orang sementara 9 orang lainnya hadir secara dalam jaringan. Pembiayaan PIMNAS tahun ini adalah kolaborasi antara USU dengan Puspresnas dengan mekanisme pembiayaan 60% – 40%,” katanya.

Edy Ikhsan mengatakan, rangkaian PIMNAS di USU dilaksanakan mulai tanggal 25 Oktober sampai 30 Oktober 2021. Yang diawali dengan Malam Temu Ramah pada 25 Oktober 2021 di Istana Maimun, menyusul kemudian Opening Ceremony pada 26 Oktober 2021, proses perlombaan, penjurian dan pameran poster 27-28 Oktober 2021.

Lalu pada 29 Oktober 2021 dilaksanakan kuliah umum oleh salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju dan dilanjutkan pada malam harinya closing ceremony. Pada 30 Oktober 2021, para juri dan delegasi dari kementerian kembali ke rumahnya masing-masing. (*)



(Medan) 






 

Belum ada Komentar untuk "3.126 Mahasiswa dari 108 Perguruan Tinggi Siap Bertanding di PIMNAS ke-34 USU"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel