Percepat Serapan Anggaran, Wali Kota Bobby Sebut Sudah Bentuk Tim


Lensamedan -  Pemerintah Kota (Pemko) Medan membentuk tim untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi tentang  minimnya realisasi serapan anggaran.

Diketahui, jumlah anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Medan yang masih tersimpan di bank mencapai  Rp1,6 triliun.

"Untuk realisasi kita sudah ada tim, tim percepatan serapan anggaran, Hari ini jadwalnya kita kumpulkan, sesuai yang diperintahkan sama kita, realisasi untuk APBD," kata Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Senin (20/9/2021).

Bobby memastikan arahan Presiden Jokowi tentang percepatan penyerapan anggaran akan dilakukan.

Menurut dia, uang Rp 1,6 triliun yang masih ada di bank berasal dari pendapatan asli daerah, dana transfer pemerintah pusat dan selisih lebih penggunaan anggaran (Silpa) tahun 2020.

"Itu ada silpa Rp600 miliar, ini sudah diplotkan ke mana, hasil P-APBD akan direalisasikan," tutur dia.

Sebelumnya Bobby menjelaskan beberapa faktor penyebab APBD Kota Medan belum terserap dengan maksimal.

"Kalau ditanya kenapa, apakah serapannnya kurang atau seperti apa, kegiatan masih berjalan, karena memang banyak kegiatan yang sudah berjalan tapi belum selesai," jelasnya.

Karena belum tuntasnya pekerjaan, maka pembayaran belum dapat dilakukan. Alhasil, serapan anggaran pun belum maksimal

"Yang penting itu adalah dari angaran yang masih ada di bank dari Rp 1,6 triliun itu prosesnya berjalan tapi belum terbayarkan. Ada yang prosesnya memang belum berjalan," bebernya.

Ke depan Bobby akan berupaya untuk serapan anggaran menjadi lebih maksimal. Tujuannya agar lebih banyak uang beredar di tengah masyarakat.

"Tentunya uang yang ada di sini untuk menggerakkan ekonomi peran APBD itu sangat penting ditengah pandemi ini," tutupnya. (*)



(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Percepat Serapan Anggaran, Wali Kota Bobby Sebut Sudah Bentuk Tim "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel