Semester I, Laba Bersih UUS CIMB Niaga Naik 35%


Lensamedan -  Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) membukukan perolehan laba sebesar Rp851 miliar pada semester pertama tahun 2021, atau naik 35% secara Year-on-Year (Y-o-Y).

Pertumbuhan laba tersebut utamanya dikontribusi oleh penyaluran pembiayaan sebesar Rp33,1 triliun, yang diantaranya berasal dari segmen Consumer Banking seperti mortgage, auto, dan personal financing.

 

Adapun dari sisi pendanaan, per 30 Juni 2021, CIMB Niaga Syariah berhasil menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp37,1 triliun atau tumbuh 15% Y-o-Y, dengan rasio CASA mencapai 52%.

 

Dengan realisasi kinerja tersebut, pada semester I 2021, CIMB Niaga Syariah dapat menambah aset menjadi Rp47,9 triliun. Hal ini sekaligus mempertahankan posisi CIMB Niaga Syariah sebagai UUS terbesar di Indonesia.

 

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, hasil positif pada enam bulan pertama 2021 memberikan optimisme untuk terus meningkatkan kinerja pada semester berikutnya. “Kami bersyukur bisa menjaga kinerja yang baik meski dalam situasi yang masih menantang akibat pandemi Covid-19. Ini membuktikan, strategi kami untuk menyesuaikan fokus pertumbuhan pembiayaan dan profitabilitas sejak pertengahan tahun lalu berjalan dengan baik,” kata Pandji pada Diskusi Bersama CIMB Niaga Syariah, Kamis (19/8/2021).

Menurut Pandji, setidaknya terdapat 4 strategi CIMB Niaga Syariah untuk mendorong pertumbuhan hingga akhir tahun.

 

Pertama, meningkatkan portofolio dana murah. Kedua, mengarahkan penyaluran pembiayaan ke segmen Consumer Banking dan Usaha Kecil Menengah (UKM)/Emerging Business Banking.

 

“Ketiga, mengembangkan ekosistem komunitas dan partner-partner komunitas CIMB Niaga Syariah. Keempat, mengembangkan produk-produk dengan kekhususan Syariah,” katanya.

 

Sebagai UUS dengan fasilitas perbankan digital yang lengkap, CIMB Niaga Syariah menurut Pandji terus mengoptimalkan layanan digital untuk meningkatkan customer experience, terutama menggunakan digital banking OCTO Mobile.

 

Melalui aplikasi yang dilengkapi fitur layaknya Super App ini, nasabah CIMB Niaga Syariah bisa melakukan berbagai aktivitas perbankan secara sehat dan aman. Mulai dari menabung, berinvestasi, pembiayaan, bertransaksi, hingga berdonasi dengan nyaman dari rumah masing-masing.

 

“Untuk tabungan, nasabah bisa membuka rekening tabungan Syariah secara online, baik nasabah baru maupun existing. Kami memiliki produk Tabungan OCTO Savers-iB yang memberikan 60 kali transaksi tanpa biaya setiap bulan untuk tarik tunai, transfer, dan Top-Up e-Wallet. Nasabah yang ingin berinvestasi bisa memilih Deposito Berjangka-iB mulai dari Rp5 juta dengan bagi hasil yang kompetitif. Tersedia pula instrumen obligasi, sukuk, dan reksa dana Syariah untuk diversifikasi portofolio investasi nasabah,” sebutnya.

 

Nasabah Syariah Card, lanjut Pandji, juga dapat merasakan kenyamanan OCTO Mobile untuk mengubah transaksi menjadi cicilan dengan margin 0% berjangka waktu 3 dan 6 bulan untuk transaksi mulai dari Rp300 ribu.

 

Tersedia pula fitur lainnya seperti statement Syariah Card hingga 6 bulan terakhir yang bisa diunduh ke ponsel atau dikirimkan ke e-mail terdaftar. Adapun, sisa limit Syariah Card, jumlah pemakaian, serta jumlah tagihan terakhir yang harus dibayarkan dan tanggal pembayaran juga bisa dilihat di OCTO Mobile.

 

Terkait kebutuhan transaksi, nasabah dapat melakukan transfer tanpa biaya ke bank lain sebanyak 20 kali per bulan, Top-Up e-Wallet tanpa biaya hingga 20 kali per bulan ke berbagai e-Wallet populer, serta 20 kali tarik tunai tanpa biaya di ATM bank mana saja. Beragam tagihan juga bisa dibayar dengan OCTO Mobile, seperti Syariah Card, telepon, angsuran, hingga Penerimaan Negara seperti Pajak dan Passport bekerjasama dengan tiga kementerian. Termasuk pula membayar berbagai keperluan secara cashless menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile.

 

Bagi nasabah yang ingin berdonasi seperti Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf serta Qurban, OCTO Mobile juga dapat memfasilitasinya melalui layanan pembayaran donasi. CIMB Niaga Syariah telah bekerja sama dengan 15 Lembaga Amil Zakat/pengelola dana sosial terpercaya untuk menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan. 

 

“Dengan terintegrasinya ekosistem Syariah yang lengkap ke dalam layanan OCTO Mobile, kami ingin nasabah merasakan customer experience yang setara dengan bank induk (CIMB Niaga). Nilai tambah ini kami harapkan dapat meningkatkan layanan Syariah ke level yang lebih tinggi, sejalan dengan inisiatif Syariah First yang terus kami gaungkan di CIMB Niaga,” pungkasnya. (*)

 

 

(Jakarta)

 

Belum ada Komentar untuk "Semester I, Laba Bersih UUS CIMB Niaga Naik 35% "

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel