RSUP Adam Malik Mulai Berikan Vaksinasi Booster Covid-19 untuk Nakes


Lensamedan - Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) mulai melakukan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster Covid-19 bagi para tenaga kesehatan di lingkungan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI sejak Senin (2/8/2021) kemarin.

Vaksinasi booster Covid-19 ini dilakukan sesuai dengan instruksi pemerintah pusat menggunakan vaksin Covid-19 Moderna yang merupakan hibah dari Covax Facility, Amerika Serikat.

“Kita sudah menerima vaksin Moderna dari Jakarta yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara pada Senin (2/8/2021) sore. Pada hari itu juga, kita langsung melakukan vaksinasi booster bagi nakes ini di Gedung Paviliun, Instalasi Pelayanan Eksekutif RSUP HAM,” jelas Sub Koordinator Hukormas RSUP HAM Rosario Dorothy Simanjuntak memberikan keterangan, Selasa (3/8/2021).

Rosario Dorothy menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi booster pada hari pertama di rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini diikuti sebanyak 117 nakes. Selanjutnya, untuk tahap awal, Tim Vaksinasi Covid-19 RSUP HAM sudah menjadwalkan sebanyak 300 nakes akan menjalani vaksinasi booster ini setiap hari sampai tanggal 7 Agustus 2021.

“Kita targetkan pelaksanaan vaksinasi booster ini akan selesai pada awal September 2021 mendatang,” sebut Ocha, sapaan akrab Rosario.

Secara total, ada sebanyak 3.873 nakes di RSUP H Adam Malik yang sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua dan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi booster.

Jumlah ini termasuk juga asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di rumah sakit tipe II A ini. Sedangkan alokasi vaksin Moderna yang diterima dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 280 vial untuk penyuntikan 3.920 dosis.

Sementara itu, RSUP H Adam Malik juga masih melayani vaksinasi Covid-19 dosis kedua bagi masyarakat umum yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama di rumah sakit ini. Vaksinasi Covid-19 dosis kedua ini dilakukan sesuai dengan jadwal masing-masing.

Sedangkan untuk vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi masyarakat umum, untuk sementara ini ditiadakan sampai stok vaksin kembali dikirim dari Jakarta.

Sebagai informasi, RSUP HAM sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan dua dosis lengkap bagi seluruh pegawainya sejak tanggal 19 Januari 2021 lalu. Rumah sakit ini juga melayani vaksinasi bagi nakes dari fasilitas kesehatan lainnya, serta vaksinasi bagi nakes lansia di atas usia 60 tahun. Kemudian, RSUP HAM mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum sejak tanggal 8 Maret 2021. (*)

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "RSUP Adam Malik Mulai Berikan Vaksinasi Booster Covid-19 untuk Nakes "

Posting Komentar

Bully Siswa, Guru SMA Negeri di Tarutung Dilapor ke Polres Taput

LensaMedan - Guru SMA Negeri 3 Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), berinsial MT dilaporkan ke Polres Taput. Pasalnya, MT diduga mela...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel