100 Unit Oxygen Concentrate dari Panglima TNI untuk Pemprov Sumut


Lensamedan - Panglima TNI menyerahkan bantuan 100 unit oxygen concentrate kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut). Bantuan tersebut tiba di Lanud Soewondo, Selasa (10/8/2021).

Kepala Staf Kodam I Bukit Barisan Brigjend Didiet Pramudito mengatakan, selain untuk Pemprov Sumut, bantuan serupa juga sudah diserahkan ke Pemerintah Kota Medan.

“Bantuan ini yang diharapkan bisa membantu menangani pasien Covid-19, terutama mengatasi kekurangan oksigen nantinya,” ujar Didiet usai menyerahkan bantuan kepada Pemprov Sumut yang diterima Staf Ahli Gubernur Agus Tripriyono dan disaksikan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting.

Staf Ahli Gubernur Agus Tripriyono mengatakan, bantuan oxygen concentrate ini nantinya akan disalurkan ke rumah sakit di 32 kabupaten/kota lainnya di luar Kota Medan.

“Karena untuk Kota Medan sudah diserahkan tersendiri kemarin sebanyak 100 unit,” ujar Agus Tripriyono.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Aris Yudhariansyah menambahkan, untuk distribusi oxygen contrite ini, pihaknya akan mengutamakan kabupaten/kota yang tingkat BORnya di atas 70%

“Ada beberapa kabupaten/kota yang BORnya tinggi. Berapa jumlah kabupaten/kotanya, tidak lebih dari 10,” kata Aris tanpa merinci kabupaten/kota yang dimaksud.

Aris juga memastikan, sejauh ini ketersediaan oksigen masih aman, dan kebutuhan rumah sakit akan oksigen masih bisa terpenuhi dengan baik. Ketersediaan regulator dan keterisian tabung oksigen masih cukup baik.

“Jadi ini hanya untuk menambah seandainya terjadi lonjakan, kita butuhkan electric oxygen,” tegasnya.  (*)

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "100 Unit Oxygen Concentrate dari Panglima TNI untuk Pemprov Sumut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel