Bobby Nasution : Rumah Ibadah Tetap Buka, Asal Maksimal Diisi 50%


Lensamedan – Rumah ibadah di  Kota Medan masih  boleh dibuka tetapi harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, meski Kota Medan merupakan 1 dari 43 kota/kabupaten yang menerapkan PPKM Mikro dengan pengetatan.

Hal ini menurut Wali Kota Medan Bobby Nasution dikarenakan, Kota Medan masih aman dan  tetap bisa melaksanakan ibadah di tempat masing-masing.

“Tapi tetap taat prokes, misalnya kapasitas tidak melebihi 50%, jaga jarak, memakai masker dan sebagainya,” ujar Bobby Nasution di Balai Kota Medan, Rabu (7/7/2021) terkait Instruksi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Nomor 188.54/26/INST/2021 kepada 12 kepala daerah kabupaten/kota termasuk Walikota Medan.

Dalam instruksi itu disebut, Kota Medan dan Sibolga masuk kategori IV sesuai hasil asesmen sehingga diberlakukan aturan khusus seperti pembelajaran secara online, perkantoran menerapkan 75 persen bekerja dari rumah, pelaksanaan ibadah di rumah ibadah ditiadakan sementara waktu.

Dikatakannya, di sinilah pentingnya peran kewilayahan seperti camat, lurah hingga kepala lingkungan (kepling) untuk terus mengawasi dan menyosialisasikan prokes ke rumah-rumah ibadah. Sebab, untuk masjid saja ada 1.115 masjid di Kota Medan.

Menurut Bobby, pihaknya telah menerima instuksi pengetatan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) diteruskan instuksi Gubu kemudian dijabarkan dalam Surat Edaran Walikota Medan.

“Ada beberapa poin dalam surat edaran tersebut, seperti pembatasan jam operasional perekonomian hingga pukul 17.00 WIB. Di lokasi zona merah diberlakukan work from home (WFH). Sebanyak 75%  kerja dari rumah dan 25% masuk kantor, sementara zona oranye menerapkan WFH 50%. Beberapa kegiatan masyarakat, seperti hajatan maksimal 30 orang dan tidak boleh ada makan minum di tempat,” urainya.

Dikatakannya, pengetatan PPKM ini hanya mempersingkat waktu dari sebelumnya yang sampai pukul 20.00 WIB.

Untuk pengawasan, sambungnya, tetap seperti sebelumnya. Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan senantiasa berkoordinasi. (*)

 

(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Bobby Nasution : Rumah Ibadah Tetap Buka, Asal Maksimal Diisi 50%"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel