Warga Kampung Sejahtera Antusias Berlatih Cara Pembuatan Eco Enzyme


Lensamedan - Masyarakat Kampung Sejahtera mendapatkan pelatihan pembuatan Eco Enzyme dari ibu ibu yang mengatasnamakan  DLH Provinsi Sumatera Utara (Sumut), di lapangan serba guna Kampung Sejahtera, Jalan Haji Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Minggu (27/6/2021).

Pelatihan pembuatan Eco Enzyme ini menghadirkan Ir.Rena Arifah Simbolon, dan Yenny Susanti Siregar ST dari Rumah Bricket dan Relawan Eco Enzyme sebagai pembicara.

"Eco Enzyme ini sejuta manfaat, karena banyak manfaatnya, diantaranya untuk bersih bersih, obat luar, detox, dan bisa menjadikan pupuk tanaman," Rena Arifah.

Rena menambahkan, cara pembuatan Eco Enzyme ini juga terbilang mudah, namun butuh proses permentasi dengan waktu 100 hari.

Bahan bahan dasar pembuatan Eco Enzyme ini dari limbah sampah sayuran dan buah-buahan.

Kulit buah dan sisa sayur sering kali dianggap sampah bagi sebagian besar orang, sehingga seringkali hanya sekedar dibuang di tempat sampah atau dijadikan pakan ternak.

Namun siapa sangka “sampah” ini dapat dimanfaatkan menjadikan cairan serba guna yang dapat digunakan sebagai pupuk, pestisida, obat pel, serta banyak manfaat lainnya.

Eco-enzyme sendiri merupakan larutan zat organik kompleks yang diproduksi dari proses fermentasi sisa organik, gula, dan air. Cara membuat Eco-Enzyme terbilang sangat mudah.

Menyiapkan kontainer plastik bekas (bisa berupa botol/toples bekas atau jerrycan), air, gula, dan kulit buah yang lunak.

Kulit buah yang bisa digunakan misalnya seperti kulit buah jeruk, apel, semangka, lemon, mangga, dan lain-lain.

Membuat takaran air, gula, dan sampah organik dengan perbandingan 1 Molase, 3 sampah dan 10 air. (1:3:10).
Mencampurkan seluruh bahan pada drum yang sudah dipersiapkan.

Setelah dicampur seluruhnya, kemudian drum yang sudah terisi, disimpan di tempat tidak terpapar matahari, hingga 100 hari panen, atau 3 bulan 10 hari, eco-enzyme dapat dipanen.

Melalui pelatihan Eco-Enzyme ini Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasid mengharapkan jika sampah organik rumah tangga di Kampung Sejahtera dapat berkurang.

Selain itu, membuat Eco-Enzyme dapat digunakan sebagai pengisi waktu luang karena proses membuatnya yang sangat mudah, tidak memerlukan biaya yang mahal dan alat bahan yang sangat mudah didapatkan.

"Terlebih lagi, pemanfaatan Eco-Enzyme dapat digunakan secara pribadi maupun untuk dijual kembali, sehingga dapat menambah penghasilan bagi warga," tutupnya. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Warga Kampung Sejahtera Antusias Berlatih Cara Pembuatan Eco Enzyme "

Posting Komentar

Pj Gubernur Rayakan HUT ke-76 Provinsi Sumut Bersama PPKS

Lensamedan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Provinsi Sumut bersama Pemerl...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel