USU Terima 2.463 Orang Mahasiswa Baru dari Jalur SBMPTN 2021


Lensamedan - Universitas Sumatera Utara (USU)  menerima 2.463 mahasiswa/i baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.327 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang lulus dari kelompok saintek dan 1.136 peserta UTBK dari kelompok soshum. Untuk jumlah penerima KIP-K di USU pada tahun 2021 sebanyak 556 orang, yang terdiri atas 292 peserta dari kelompok saintek dan 264 peserta dari kelompok soshum.

Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Sumatera Utara Dr Muryanto Amin, S. Sos, M. Si, melalui Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia, M. Psi., Psikolog, Senin (14/6/2021).

Rektor menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh calon mahasiswa/i USU yang lulus melalui jalur SBMPTN dan berharap agar para mahasiswa baru tersebut dapat menjalani masa perkuliahannya dengan baik meskipun di bawah pandemi Covid-19 yang masih belum mereda.

Rektor USU juga berharap agar para mahasiswa dan mahasiswi baru USU dapat beradaptasi dengan cepat dengan sistem perkuliahan yang direncanakan akan berlangsung secara hybrid.

Menurut Rektor, pandemi tidak berarti harus menghentikan seluruh aktivitas melainkan dituntut untuk semakin kreatif dan tangguh dalam memperjuangkan cita-cita dan kehidupan masa depan yang lebih baik.

“Pandemi adalah kesempatan bagi kita semua dalam mengeksplorasi seluruh kemampuan yang dimiliki dan dibarengi dengan upaya meningkatkan kemampuan serta kompetensi keilmuan secara terus-menerus. Maka saya dalam kesempatan ini mengucapkan selamat atas kelulusan dan selamat bergabung kepada anak-anak kami para mahasiswa/i baru USU dari jalur SBMPTN. Semoga apa yang kalian cita-citakan dapat segera tercapai,” katanya.

Untuk program studi favorit yang tinggi peminatnya pada tahun ini di kelompok saintek terdiri dari; Prodi Teknik Industri, Ilmu Keperawatan dan Teknik Mesin.

Sementara untuk kelompok soshum yakni Prodi Ekonomi Pembangunan, Sastra Inggris dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. Nilai tertinggi yang diraih oleh para peserta UTBK SBMPTN 2021 berdasarkan prodi diurutkan teratas diraih oleh Prodi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Industri, Teknologi Informasi dan Manajemen.

Keketatan persaingan UTBK di tingkat program studi yang ada di USU berada pada wilayah Prodi Farmasi, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter untuk kelompok Saintek.

Sedangkan di kelompok saintek berada di wilayah Prodi Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, Manajemen dan Psikologi.

Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, selanjutnya dapat melakukan tahapan pengisian data UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dilakukan secara online melalui laman https://registrasi.usu.ac.id yang dibuka mulai tanggal 15 hingga 21 Juni 2021. Dilanjutkan dengan pembayaran UKT pada tanggal 29 Juni hingga 5 Juli 2021. Tatacara pengisian dan pembayaran UKT ini dapat dilihat pada laman www.usu.ac.id.

USU Buka Jalur Mandiri dan D III

Rektor melalui Kahumas juga mengimbau kepada masyarakat yang putera/puterinya tidak lulus di jalur SBMPTN untuk dapat mendaftarkan anaknya melalui jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) USU dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) 2021 USU, yang pendaftaran onlinenya sudah dibuka sejak 7 Juni hingga 30 Juni 2021 melalui laman https://seleksi.usu.ac.id.

Kedua jalur tersebut dibuka untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para lulusan SMU/SMK yang ingin melanjutkan pendidikannya ke USU, namun belum beruntung lulus di jalur SNMPTN dan SBMPTN USU 2021 lalu.

Bagi para peserta yang berminat untuk mengikuti kedua seleksi tersebut diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp650.00,- (Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk jalur SMM kelompok ujian IPA dan IPS, sementara kelompok ujian IPC dikenai biaya sebesar Rp750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Adapun untuk jalur SPMPD, para peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp500.000,- untuk kelompok ujian IPAdan IPS, sedangkan kelompok ujian IPC harus membayar sebesar Rp600.000,- (enam ratus ribu rupiah).

Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BNI. Ujian Tulis Mandiri dan D3 ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 9 Juli 2021, dengan lokasi ujian berada di lingkungan Kampus USU Medan.

Hasil dari ujian Seleksi Mahasiswa Mandiri akan diumumkan pada tanggal 17 Juli 2021 mendatang yang bisa dilihat melalui laman https://seleksi.usu.ac.id dan https://usu.ac.id.

Sementara hasil dari ujian tulis Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) akan diumumkan pada tanggal 22 Juli 2021 dan bisa dilihat melalui laman yang sama dengan pengumuman Seleksi Mahasiswa Mandiri.

Pada tahun 2021 ini, Universitas Sumatera Utara membuka daya tampung sebesar 2.696 kursi untuk para calon mahasiswa/i dari jalur SMM dan 1.235 kursi untuk calon mahasiswa/i USU dari jalur SPMPD. 

Untuk informasi selengkapnya terkait persyaratan dan pelaksanaan ujian SMM dan SPMPD dapat diakses melalui laman www.seleksi.usu.ac.id dan www.usu.ac.id, atau menghubungi  helpdesk di nomor telepon 0853-6271-6693 dan 085362716994. (*)

 

 

(Medan)

 

 

Belum ada Komentar untuk "USU Terima 2.463 Orang Mahasiswa Baru dari Jalur SBMPTN 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel